Komisi Penyelidik PBB untuk Suriah Sebut Bashar Assad Pantas Dihukum Atas Kejahatan Perang

893

Moslemtoday.com : Komisi Penyelidik PBB untuk Suriah telah mengumpulkan cukup bukti pelanggaran yang dilakukan Presiden Bashar al-Assad di Suriah. Carla del Ponte, seorang anggota komisi PBB terkemuka mengatakan Bashar Assad pantas dihukum atas kejahatan perang. Hal itu diungkap dalam laporannya yang dipublikasikan pada Ahad, (13/8/2017).

Namun Del Ponte, 70, yang telah berpengalaman menyelidiki kejahatan perang di Rwanda dan bekas Yugoslavia, mengumumkan bahwa pekan lalu dirinya telah mengumumkan akan mengundurkan diri dari komisi PBB tersebut karena tidak ada respons oleh Dewan Keamanan PBB atas kejahatan perang yang dilakukan Bashar Assad di Suriah.

Ketika ditanya dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Swiss SonntagsZeitung apakah ada cukup bukti bagi Assad untuk dihukum karena kejahatan perang? Del Ponte mengatakan, “Ya, saya yakin itu dan itulah masalahnya, penyelidikan telah dilakukan, namun tidak ada tanggapan, tidak ada jaksa dan tidak ada pengadilan” ungkapnya seperti dilansir dari Al Arabiya, Senin, (14/8/2017).

Del Ponte mengatakan dia bergabung dengan Komisi Penyelidikan PBB tersebut pada bulan September 2012, Dia telah mencatat banyak kejadian seperti serangan senjata kimia, genosida terhadap populasi Yazidi Irak, taktik pengepungan, dan pemboman konvoi bantuan.

“Komisi tersebut telah dibentuk sejak bulan Agustus 2011 dan telah secara teratur melaporkan pelanggaran hak asasi manusia di Suriah, namun laporannya sebagian besar hanya jatuh pada telinga yang tuli,” ungkap Del Ponte.

Del Ponte menyanksikan keinginan PBB untuk mempersiapkan tuntutan terhadap Assad. Meskipun PBB sedang membentuk badan baru untuk mempersiapkan penuntutan, namun tidak ada tanda pengadilan mana pun yang didirikan untuk menyidang kejahatan perang yang dilakukan Assad sejak perang yang sudah berusia enam setengah tahun ini.

Dia juga melihat tidak ada niat Dewan Keamanan PBB untuk merujuk laporannya ke Pengadilan Pidana Internasional di Den Haag. Del Ponte juga menilai Rusia yang merupakan sekutu dekat pemerintahan Assad terus melindungi Assad dan menggunakan hak vetonya di Dewan Keamanan PBB. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya

comments

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here