Komite Administratif Hamas Dibubarkan, Hamas Minta Abbas Cabut Sanksi Atas Gaza

766
Palestinian President Mahmoud Abbas in hospital for heart test
Akses lebih mudah… Download Web Apps Moslemtoday.com via Google Play Store: Klikhttps://play.google.com/store/apps/details?id=com.moslemtoday.moslemtoday

Moslemtoday.com : Hamas meminta Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, untuk mengakhiri sanksi atas Gaza. Hal itu sebagai imbal balik atas pembubaran pemerintahan Hamas di Jalur Gaza.

Setelah perundingan rekonsiliasi yang dimediasi Mesir dengan faksi Fatah yang didukung oleh Abbas, Hamas mengatakan pihaknya akan membubarkan “komite administratif” Gaza untuk memungkinkan administrasi pimpinan nasional Palestina utnuk mengambil kembali kontrol atas wilayah itu.

Pengumuman tersebut menjanjikan bantuan bagi warga Gaza yang, di bawah satu dekade pemerintahan Hamas, telah mengalami kemiskinan, tiga perang dengan Israel dan penolakan dari Kairo.

“Kami telah mengambil langkah praktis di lapangan. Komite administratif tidak lagi berfungsi di Gaza dan kami siap, mulai sekarang, untuk menyambut pemerintah konsensus nasional,” ujar pejabat Hamas, Ismail Haniyeh, seperti dilansir dari Reuters, Rabu (20/9/2017).

“Orang-orang kami mengharapkan Anda untuk menunda dan membatalkan langkah-langkah tersebut dan memulai sebuah dialog,” kata Haniyeh yang mengaku telah berbicara dengan Abbas melalui telepon setelah menyeberang ke Gaza dari Mesir.

Abbas pada bulan Juni memotong pembayaran listrik ke Israel yang dipasok ke daerah kantong tersebut untuk menekan Hamas untuk melepaskan kendali atas Gaza. Hal ini menyebabkan pasokan listrik kurang dari empat jam pada beberapa hari, dan tidak lebih dari enam jam sehari. Abbas juga telah memangkas 30 persen gaji sekitar 60.000 warga Gaza yang dipekerjakan oleh Otoritas Palestina.

Abbas, yang berada di majelis umum PBB, menyambut baik permintaan Hamas dan mengatakan bahwa dia akan menggabungkan pemimpin Palestina untuk diskusi lebih lanjut saat kembali. (DH/MTD)

Sumber : REUTERS

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here