Komnas HAM : Disdik Sumbar Akan Evaluasi Aturan Jilbab di Sekolah

72

Moslemtoday.com : Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat disebut akan mengevaluasi secara menyeluruh soal kebijakan kewajiban berjilbab bagi semua siswi, termasuk non-muslim, di sekolah-sekolah.

Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Beka Ulung Hapsara menyebut hal itu dikatakan pihak Disdik dalam pertemuan awal dengan Komnas HAM perwakilan Sumbar bersama Ombudsman. Evaluasi itu, katanya, paling lambat dilakukan 2 Februari.

“Dinas pendidikan Sumatera Barat akan melakukan evaluasi dan revisi menyeluruh peraturan atau kebijakan sekolah yang diskriminatif di seluruh wilayah Provinsi Sumbar. Peraturan tersebut nantinya disesuaikan dengan tata dinas yang ada,” kata Beka pada Selasa, (26/1/2021), seperti dilansir dari CNNIndonesia.com.

Dinas Pendidikan Sumbar juga berjanji akan melakukan sosialisasi menyeluruh kepada staf pengajar dalam hal ini guru serta kepala sekolah di seluruh wilayah Sumbar. Para pendidik juga akan dibekali buku pendamping guru berbasis HAM milik Komnas HAM.

Untuk saat ini kata Beka, Disdik Sumbar akan mengeluarkan surat edaran agar semua institusi pendidikan di wilayah Sumbar tak bertindak di luar perundang-undangan yang berlaku hingga proses evaluasi selesai dilakukan.

Sumber : CNN Indonesia

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here