Korban Tewas Mendekati Angka 1000 Orang, China Mulai Kewalahan Hadapi Virus Corona

3152
(Foto: AFP / Greg Baker)

Moslemtoday.com : Pemerintah China tampak mulai kewalahan menghadapi wabah virus corona yang telah menewaskan 908 orang berdasarkan data terbaru per-Senin, 10 Februari 2020. Sebagian besar kematian terjadi di kota Wuhan, Provinsi Hubei. Sedangkan jumlah kasus yang telah terkonfirmasi secara nasional telah melonjak menjadi 40.171 orang.

Setidaknya 25 negara telah mengkonfirmasi kasus dan beberapa negara telah mengevakuasi warganya dari Hubei. Banyak Maskapai besar dunia juga telah menangguhkan penerbangan ke dan dari China dalam upaya untuk menghentikan penyebaran virus tersebut.

Dengan munculnya banyak laporan kasus yang ditemukan di seluruh dunia, Kepala WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus mengungkapkan keprihatinan mendalam atas wabah virus tersebut dan menyerukan negara-negara untuk mempersiapkan kemungkinan masuknya virus, tetapi mendesak orang-orang untuk tetap tenang.

“Pendeteksian sejumlah kecil kasus mungkin mengindikasikan penularan yang lebih luas di negara lain, singkatnya kita mungkin akan melihat ujung gunung es,” kata Tedros dalam serangkaian tweet pada Senin pagi, seperti dilansir dari Al Jazeera, Senin, (10/2/2020).

Sebelumnya, Presiden China Xi Jinping melakukan panggilan telepon dengan Presiden AS Donald Trump dan mengatakan bahwa China sepenuhnya percaya diri dan mampu mengalahkan wabah coronavirus dan mendesak Washington untuk menanggapi epidemi virus tersebut secara wajar dan menghindari reaksi secara berlebihan. Namun dengan semakin meningkatnya jumlah korban yang berjatuhan telah membuat publik semakin khawatir dengan penyebaran virus tersebut. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here