Korea Utara Sebut Assad Ingin Bertemu dengan Kim Jong Un

454

Moslemtoday.com : Presiden Suriah Bashar al-Assad dilaporkan ingin bertemu dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un. Bashar Assad berencana akan mengunjungi Pyongyang seperti dilaporkan oleh media resmi Korea Utara pada hari Ahad ini.

“Saya akan mengunjungi DPRK dan bertemu dengan Kim Jong Un,” kata Assad seperti dilaporkan Kantor Berita KCNA Korea Utara yang dikutip oleh Al Arabiya, Ahad, (3/6/2018).

Assad dilaporkan membuat pernyataan itu ketika dia menerima surat kepercayaan dari Duta Besar Korea Utara, Mun Jong Nam di Damaskus pada akhir bulan Mei lalu.

Pyongyang dan Damaskus telah lama mempertahankan hubungan baik di antara kedua negara. Sementara itu badan pemantau nuklir Perserikatan Bangsa-Bangsa menyebut Korea Utara bekerja sama dengan Suriah dalam proyek senjata kimia. Namun tuduhan itu dibantah oleh Korea Utara.

Kedua negara telah menghadapi isolasi internasional, Korea Utara atas program senjata nuklirnya, dan Suriah atas dugaan penggunaan senjata kimia yang telah membunuh jutaan warganya.

“Dunia menyambut baik peristiwa luar biasa di semenanjung Korea baru-baru ini atas pertemuan dua Korea. Kepemimpinan Kim Jong Un luar biasa,” ungkap Assad kepada KCNA. “Saya yakin Kim akan mencapai kemenangan akhir dan mewujudkan reunifikasi Korea tanpa kegagalan,” tambahnya.

Menurut data kementerian luar negeri Korea Selatan, Korea Utara telah menjalin hubungan diplomatik dengan Suriah sejak tahun 1966 dengan membuka kedutaannya di Damaskus. Suriah kemudian membuka kantor diplomatiknya di Pyongyang pada tahun 1969.

Kerja sama militer yang erat antara kedua negara dimulai ketika Korea Utara mengirim  530 tentara termasuk pilot, supir tank dan personil rudal ke Suriah pada saat perang Arab-Israel pada Oktober 1973.

“Pemerintah Suriah akan sepenuhnya mendukung semua kebijakan dan langkah-langkah kepemimpinan Korea Utara dan selalu memperkuat dan mengembangkan hubungan persahabatan di antara kedua negara,” ungkap Assad, sebagaimana dikutip oleh KCNA. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here