Kritik Visi Pendidikan 2035, Anwar Abbas: Kecerdasan Seperti Apa yang Diinginkan Menteri Nadiem?

178

Moslemtoday.com : Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas melontarkan kritikan tajam terhadap Mendikbud Nadiem Makarim. Anwar mempertanyakan kecerdasan seperti apa yang coba dibangun oleh Nadiem Makarim lewat Visi Pendidikan Indonesia 2035.

Anwar mengingatkan dalam Islam terdapat keyakinan kehidupan setelah mati. Sehingga, terdapat dua jenis kecerdasan, yakni kecerdasan duniawi dan kecerdasan ukhrowi.

“Kalo seandainya kita tidak memiliki kecerdasan ukhrowi kita bisa masuk neraka,” kata Anwar Abbas, seperti dikutip dari CNNIndonesia.com, Rabu, (10/3/2021).

Menurut Anwar, dua jenis kecerdasan tersebut tidak bisa dipisahkan. Kesukesan di akhirat, kata Anwar, ditentukan kesuksean di dunia. Sementara, tanpa kecerdasan dunia hidup akan sulit.

“Dalam perspektif islam dan juga dalam perspektif konstitusi ya, apapun yang dikakukan oleh orang di negeri ini harus dijiwai oleh nilai-nilai yang ada di dalam ajaran agamanya,” kata Anwar.

Anwar juga menyatakan draf peta jalan pendidikan Indonesia itu bertentangan dengan Pasal 29 ayat (1) Undang-undang Dasar 1945. Pasal 29 ayat (1) UUD ’45 menyatakan bahwa negara berdasar atas Ketuhanan yang Maha Esa.

Sumber : CNNIndonesia.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here