Kunjungan ke Teheran, Ketua MPR RI : Indonesia dan Iran Siap Menjalin Kerja Sama di Berbagai Bidang

11482

Moslemtoday.com : Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Zulkifli Hasan telah melakukan pertemuan dengan Presiden Iran Hassan Rouhani, Selasa sore (6/12), seperti disampaikan dalam keterangan pers dari KBRI Teheran, di situs www.kemlu.go.id

Presiden Rouhani menyambut baik kunjungan Ketua MPR RI ke Tehran dan berharap kunjungan itu dapat memperkuat hubungan bilateral Indonesia-Iran, terutama kerja sama di berbagai bidang antar kedua negara.

Dibidang ekonomi, diharapkan kedua negara dapat meningkatkan nilai perdagangan yang saat ini terhambat permasalahan Perbankan. Dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi, disebutkan,  bahwa Iran siap  melakukan alih teknologi dengan Indonesia. Dibidang politik, disampaikan kedua parlemen dapat lebih mempererat kerja sama.

Dalam sambutannya, Ketua MPR RI menyampaikan,  bahwa kerja sama antara kedua negara diberbagai bidang, antar parlemen dan masyarakat dapat terus dikembangkan dengan mengutamakan persamaan dan bukan perbedaan.

Ketua MPR menyayangkan terjadinya konflik antar negara Islam di Timteng. Dalam kaitan tersebut, Indonesia menyambut baik kerja sama antara kedua negara dalam penyelesaian konflik di Timteng melalui dialog politik.

Oleh karena itu, sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim terbesar, Indonesia siap menjalin kerja sama, terlebih lagi dengan negara-negara muslim untuk memerangi radikalisme dan terorisme yang mengatasnamakan Islam. Lebih lanjut, Zulkifli Hasan menyampaikan harapan kiranya hubungan politik kedua negara yang telah terjalin dengan baik dapat menghasilkan kerja sama yang lebih konkret, khususnya dibidang ekonomi dan perdagangan.

Selain rangkaian pertemuan diatas, KBRI Tehran juga telah memfasilitasi acara silaturahmi dengan masyarakat Indonesia di Tehran.

Sumber : Kemlu.go.id

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here