Kunjungan Tim PBB ke Rakhine Dibatalkan Sepihak oleh Pemerintah Myanmar

907

Moslemtoday.com : Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan rencana kunjungan timnya ke Rakhine, negara bagian yang ditempati orang Rohingya di Myanmar, dibatalkan oleh pemerintah Myanmar.

Sedianya tim PBB hendak melakukan kunjungan ke Rakhine untuk menyelidiki sebab-sebab ratusan ribu orang Rohingya melarikan diri ke Bangladesh sejak bulan lalu.

Juru bicara PBB di Yangon, Myanmar, Stanislav Saling mengatakan kepada BBC bahwa pemerintah Myanmar tidak memberikan alasan pembatalan kunjungan.

Badan-badan bantuan internasional meminta pemerintah Myanmar segera membuka akses ke Rakhine sebab sejak konflik terbaru pecah, pemerintah melarang badan-badan bantuan PBB dan LSM asing beroperasi di negara bagian yang terletak di bagian utara itu.

“Kami menyerukan kepada pemerintah dan pihak berwenang Myanmar untuk menjamin bahwa semua warga yang memerlukan di Negara Bagian Rakhine memiliki akses penuh bebas dan tanpa halangan untuk mendapatkan bantuan kemanusiaan yang bisa menyalamatkan jiwa,” kata koalisi LSM internasional, sebagaimana dilaporkan kantor berita Reuters. (DH/MTD)

Sumber : BBC

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here