Kunjungi Bangladesh, PM Turki berjanji akan terus membantu pengungsi Rohingya

445

Moslemtoday.com : Turki akan terus memberikan dukungan dan bantuan yang diperlukan untuk pengungsi Rohingya, Perdana Menteri Turki Binali Yildirim mengatakan pada hari Selasa saat melakukan kunjungan ke Bangladesh.

“Sejak awal, Turki terus aktif meringankan beban sekitar 10 juta pengungsi Rohingya, yang berjuang untuk bertahan dalam kondisi sulit, sampai solusi politik tercapai sepenuhnya,” ungkap Yildirim, seperti dilansir dari Anadolu Agency, Selasa, (19/12/2017).

“Mulai sekarang, kami akan terus memberikan kontribusi dan dukungan yang diperlukan sesuai petunjuk perdana menteri Bangladesh dan pemerintah Bangladesh,” ungkap Yildirim saat konferensi pers bersama PM Bangladesh Sheikh Hasina di ibukota Dhaka.

Yildirim juga menyeru masyarakat internasional, terutama PBB untuk memperhatikan isu Rohingya. “Ini [masyarakat internasional] perlu bertindak lebih aktif dalam masalah bantuan kemanusiaan dan solusi politik,” tambahnya.

Sejak 25 Agustus, lebih dari 656.000 orang Muslim Rohingya telah menyeberang dari negara bagian Myanmar di Rakhine ke Bangladesh, menurut laporan PBB.

Para pengungsi tersebut melarikan diri dari sebuah operasi genosida oleh militer Myanmar di mana pasukan keamanan dan gerombolan Buddha membunuh pria, wanita dan anak-anak, menjarah rumah dan membakar desa Rohingya.

Turki telah berada di garis terdepan untuk memberikan bantuan kepada pengungsi Rohingya dan Presiden Recep Tayyip Erdogan telah mengangkat isu tersebut di PBB. (DH/MTD)

Sumber : Anadolu Agency | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here