Kunjungi Beijing, Presiden Jokowi akan Temui Presiden China

1019

Moslemtoday.com : Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke China untuk menghadiri pertemuan Belt and Road Forum for International Cooperation pada 14-15 Mei. Pada konferensi tingkat tinggi itu, Jokowi juga dijadwalkan mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden China Xi Jinping.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmantha Nasir menuturkan, tujuan utama Jokowi menghadiri pertemuan Belt and Road Forum for International Cooperation adalah untuk meningkatkan kerjasama bagi percepatan pembangunan infrastruktur nasional.

Sementara itu, Direktur Asia Timur dan Pasifik, Edi Yusup menjelaskan, pada pertemuan-pertemuan sebelumnya antara Jokowi dan Xi Jinping, China sepakat untuk akses membuka pasar bagi produk-produk pertanian Indonesia seperti sarang burung walet, buah nanas, dan lain-lain.

“Pada pertemuan kali ini, fokusnya akan lebih diarahkan kepada kerjasama ekonomi dan investasi dan juga menindaklanjuti kesepakatan-kesepakatan yang telah dicapai sebelumnya,” imbuh Yusup dalam press briefing rutin Kemlu di Jakarta, Jumat (12/5/2017).

Pada pertemuan bilateral tersebut, kata Yusup, Jokowi juga akan mendorong investasi infrastruktur yang salah satunya adalah di proyek MRT untuk east-west line (Bandung-Jakarta-Jabar).

Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia Retno LP Marsudi juga akan menemani Presiden Jokowi dalam kunjungan ke China. Retno direncanakan akan mengadakan pertemuan bilateral dengan Menlu China Wang Yi di Beijing membahas ketegangan di Semenanjung Korea.

Sumber : ANTARA | OKEZONE

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here