Kunjungi Moskow, Qatar : Kami Ingin Menjalin Hubungan Yang Baik dengan Iran dan Rusia

6492

Moslemtoday.com : Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Muhammad bin Abdul Rahman Al-Thani mengatakan bahwa negaranya menginginkan hubungan yang baik dengan Iran dan Rusia.

Sheikh Al-Thani mengungkapkan hal tersebut dalam sebuah konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov dalam kunjungannya ke Moskow, pada Sabtu, (10/6/2017).

Sergei Lavrov menyambut baik hal itu, Dia mengatakan kekhawatirannya terhadap negara-negara Arab yang memutuskan hubungan diplomatiknya dengan Qatar dan meminta perundingan untuk menyelesaikan krisis tersebut.

Dia juga mengatakan Rusia siap untuk bertindak “dengan persetujuan dan kepentingan pihak-pihak yang terlibat” untuk membantu menyelesaikan pertikaian diplomatik tersebut.

Presiden Rusia Vladimir Putin menekankan saat melakukan sambungan telepon dengan emir Qatar bahwa Moskow sangat mendukung penanganan krisis melalui sarana dan dialog diplomatik.

Qatar saat ini tengah berada dalam pemutusan hubungan diplomatik dari negara tetangganya di Kawasan Teluk (Arab Saudi, UEA, Bahrain, Mesir, dan Yaman). Pemutusan hubungan diplomatik ini dikarenakan kebijakan luar negeri Qatar yang dinilai agresif dan karena ketertarikannya dengan Iran yang merupakan rival utama Arab Saudi di Timur Tengah. (DH/MTD)

Video Dokumentasi :

“Sejauh menyangkut hubungan kita dengan Iran, semua orang menginginkan hubungan dengan Iran, Iran adalah tetangga. Negara-negara Arab Teluk memiliki beberapa perselisihan dan masalah, namun pilihan strategis semua negara adalah untuk menjaga hubungan baik dengan Iran,” ungkap Menlu Qatar, Sheikh Muhammad Al-Thani.

Sumber : Al-Arabiya | Video : RT Arabic

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here