Kuwait: “Dewan Kerjasama Teluk (GCC) akan terus beroperasi meskipun ada konflik anggota”

432

Moslemtoday.com : Dewan Kerjasama Teluk (GCC) akan terus beroperasi dan melaksanakan tugasnya meskipun ada perselisihan yang sedang berlangsung di antara beberapa negara anggotanya.

Wakil menteri luar negeri Kuwait, Khaled al-Jarallah mengatakan bahwa Kuwait akan terus melanjutkan perannya sebagai anggota aktif dewan tersebut dan akan mengadakan konferensi anggota parlemen di mana para legislator senior dari enam negara Teluk akan mengadakan pertemuan.

“Mekanisme kerja GCC tidak akan dibekukan atau terhambat karena kami yakin bahwa apapun besarnya konflik tersebut, hal itu harus bisa dihindari,” ungkap al-Jarallah kepada kantor berita Kuwait, KUNA, seperti dilansir dari Al Jazeera, Jumat, (29/12/17).

Pernyataannya ini datang saat krisis diplomatik yang sedang berlangsung di wilayah tersebut hampir memasuki bulan ketujuh. Sejak bulan Juni, Arab Saudi, Bahrain, UEA, dan Mesir memberlakukan blokade darat, laut dan udara terhadap Qatar.

“Sebuah terobosan akan tercapai suatu saat nanti, upaya mediasi tidak akan berhenti disini,” tambah al-Jarallah.

Menurut KUNA, juru bicara parlemen Marzouq al-Ghanim mengatakan bahwa konferensi anggota parlemen dua hari mendatang akan berperan penting dalam memulihkan rasa normal di tengah keretakan yang sedang berlangsung di antara negara anggota.

Konferensi tersebut yang dijadwalkan pekan depan, diperkirakan akan berlangsung di Kuwait di bawah arahan Emir Kuwait Sheikh Sabah al-Ahmad Al Sabah, yang telah menjadi mediator dalam menyelesaikan krisis blokade Teluk terhadap Qatar.

Sheikh Sabah sebelumnya memperingatkan potensi bubarnya GCC jika krisis terus berlanjut. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2017) – Moslemtoday.com

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here