Larangan Penerbangan Boeing 737 MAX Hampir Merata di Seluruh Dunia

261

Moslemtoday.com : Dari Inggris hingga ke Australia, sejumlah negara dan maskapai penerbangan di seluruh dunia telah menangguhkan penerbangan pesawat Boeing 737 MAX setelah kecelakaan pesawat mematikan di Ethiopia pada pekan ini.

Sebanyak 157 orang di dalam pesawat Boeing 737 MAX 8 yang dikelola Ethiopian Airlines tewas dalam kecelakaan itu, ketika pesawat buatan AS tersebut terbang enam menit setelah lepas landas dari ibukota, Addis Ababa.

Peristiwa itu adalah insiden fatal kedua yang melibatkan model yang sama dalam waktu kurang dari enam bulan setelah pesawat Lion Air dengan model yang sama jatuh di Indonesia pada Oktober tahun lalu, yang menewaskan 189 orang yang mendorong pengawasan ketat terhadap sistem kontrol aeroplane.

Para ahli sedang menyelidiki detail kecelakaan Ethiopian Airlines, tetapi jawaban bisa memakan waktu berbulan-bulan. Sementara itu, Boeing membela pesawatnya dan mengatakan memiliki “kepercayaan penuh pada keselamatan 737 Max, seperti dilansir dari Al Jazeera, Rabu, (13/3/2019).

Ketidakpastian itu telah menakuti para investor dan menyebabkan harga saham raksasa kedirgantaraan itu anjlok di tengah peluncuran larangan penerbangan pesawat jenis tersebut di seluruh dunia.

Berikut daftar negara yang telah mengambil tindakan pelarangan penerbangan pesawat Boeing 737 Max setelah tragedi di Ethiopia :

  1. Uni Eropa
    Agen keselamatan penerbangan Uni Eropa EASA pada hari Selasa menangguhkan semua penerbangan pesawat Boeing 737-8 dan 737-9 setelah kecelakaan pesawat Ethiopian Airlines. EASA mengatakan dalam sebuah pernyataan penangguhan akan berlaku mulai jam 19.00 GMT dan seterusnya. EASA juga “menangguhkan semua penerbangan komersial yang dilakukan oleh operator negara ketiga ke, di dalam atau di luar Uni Eropa dengan model pesawat yang disebutkan di atas.”
  2. Inggris
    Otoritas Penerbangan Sipil Inggris pada hari Selasa melarang semua pesawat Boeing 737 MAX dari “kedatangan, berangkat atau di atas di wilayah udara Inggris” sebagai tindakan pencegahan. Saat ini ada lima 737 MAX yang terdaftar dan beroperasi di Inggris. Yang keenam direncanakan akan mulai beroperasi akhir pekan ini.
  3. Cina
    Pihak berwenang China pada hari Senin memerintahkan semua maskapai penerbangan domestik untuk menunda pengoperasian Boeing 737 MAX 8. Memperhatikan “kesamaan” antara dua insiden, Administrasi Penerbangan Sipil China mengatakan operasi model hanya akan dilanjutkan setelah “mengkonfirmasikan langkah-langkah yang relevan untuk secara efektif memastikan keselamatan penerbangan”. China adalah pasar yang sangat penting bagi perusahaan pesawat Boeing, terhitung sekitar seperlima pengiriman Boeing 737 MAX model di seluruh dunia ada di China.
  4. India
    Kementerian Penerbangan Sipil India mengumumkan pada hari Selasa bahwa mereka telah mengambil keputusan untuk segera mendaratkan pesawat Boeing 737-MAX. “Pesawat-pesawat ini akan diterbangkan sampai modifikasi yang tepat dan langkah-langkah keselamatan dilakukan untuk memastikan operasi yang aman,” kata kementerian itu dalam sebuah tweet.
  5. Singapura
    Otoritas Penerbangan Sipil Singapura (CAAS) mengatakan pada hari Selasa dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya untuk sementara waktu menangguhkan operasi semua varian pesawat Boeing 737 MAX masuk dan keluar dari Singapura. “Langkah itu dilakukan mengingat dua kecelakaan fatal yang melibatkan pesawat Boeing 737 MAX dalam waktu kurang dari lima bulan”, kata CAAS.
  6. Australia
    Otoritas Keamanan Penerbangan Sipil Australia (CASA) mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka telah menangguhkan sementara pengoperasian pesawat Boeing 737 MAX ke atau dari Australia. CEO CASA Shane Carmody mengatakan langkah itu demi kepentingan keselamatan sementara kami menunggu lebih banyak informasi untuk meninjau risiko keselamatan operasi lanjutan Boeing 737 MAX ke dan dari Australia. “Tidak ada maskapai Australia yang mengoperasikan Boeing 737 MAX, tetapi dua maskapai asing menerbangkan model ke Australia,” menurut CASA.
  7. Turki
    Pesawat nasional Turkish Airlines mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka menangguhkan penerbangan menggunakan armada 12 pesawat Boeing 737 MAX menyusul kecelakaan mematikan Ethiopian Airlines. “Sampai ketidakpastian seputar keamanan 737 MAX diklarifikasi, kami menarik pesawat-pesawat ini dari penerbangan komersial mulai 13 Maret,” kata bos maskapai penerbangan Bilal Eksi di Twitter.
  8. Perancis
    Otoritas Penerbangan Sipil Perancis (DGAC) pada hari Selasa mengumumkan telah melarang semua pesawat Boeing 737 MAX dari wilayah udara. “Mengingat keadaan kecelakaan di Ethiopia, pihak berwenang Perancis telah mengambil keputusan, sebagai tindakan pencegahan, untuk melarang semua penerbangan komersial Boeing 737 MAX ke, keluar, atau di atas wilayah Prancis,” kata DGAC dalam sebuah pernyataan.
  9. Jerman
    Wilayah udara Jerman telah ditutup untuk pesawat Boeing 737 MAX 8 karena masalah keamanan. eorang juru bicara kementerian transportasi negara itu mengatakan pada hari Selasa. “Keamanan adalah yang utama. Saya telah memerintahkan penutupan wilayah udara Jerman segera untuk pesawat Boeing 737 MAX dan ini akan efektif sampai semua keraguan dihapus,” Menteri Transportasi Andreas Scheuer mengatakan kepada saluran berita televisi lokal n-tv.
  10. Irlandia
    Irish Aviation Authority (IAA) mengatakan pada hari Selasa pihaknya untuk sementara menangguhkan “operasi semua varian pesawat Boeing 737 MAX masuk dan keluar dari wilayah udara Irlandia”. “Keputusan ini diambil berdasarkan jaminan keselamatan penumpang dan awak pesawat, yang merupakan prioritas nomor satu IAA,” kata organisasi itu dalam sebuah pernyataan.
  11. Korea Selatan
    Kementerian transportasi Korea Selatan mengatakan pada hari Selasa bahwa pihaknya telah menyarankan Eastar Jet, satu-satunya maskapai nasional untuk mengoperasikan Boeing 737 MAX 8, untuk mendaratkan dua pesawatnya. Pengangkut anggaran sepakat untuk menunda penggunaan pesawat mulai Rabu, tambahnya.
  12. Mongolia
    Otoritas Penerbangan Sipil Mongolia mengatakan di Facebook pihaknya telah memerintahkan maskapai penerbangan nasional MIAT Mongolian Airlines untuk mendaratkan satu-satunya pesawat Boeing 737 MAX 8 di armadanya.
  13. Indonesia
    Indonesia mengatakan menangguhkan 11 jet dari tipe 737 MAX 8. Inspeksi pesawat akan dimulai Selasa dan pesawat akan tetap ditangguhkan sampai mereka diperiksa oleh regulator keselamatan, Direktur Jenderal Transportasi Udara Polana Pramesti mengatakan kepada wartawan. Kecelakaan Lion Air pada bulan Oktober masih belum terselesaikan.
  14. Malaysia
    Pihak berwenang Malaysia pada hari Selasa mengatakan semua penerbangan pesawat Boeing 737 MAX 8 ke dalam dan ke luar negeri telah ditangguhkan. Otoritas Penerbangan Sipil mengatakan dalam sebuah pernyataan singkat bahwa tidak ada maskapai Malaysia yang mengoperasikan MAX 8, tetapi maskapai asing dilarang menerbangkan pesawat di Malaysia, dan transit di negara itu, hingga pemberitahuan lebih lanjut.
  15. Oman
    Oman ‘s Otoritas Umum Penerbangan Sipil untuk mengumumkan pada hari Selasa penangguhan penerbangan dengan pesawat Boeing 737 MAX di yurisdiksinya ‘sampai pemberitahuan lebih lanjut’. Oman Air milik negara, yang mengoperasikan lima pesawat Boeing 737 MAX 8, mengatakan penerbangan yang dioperasikan oleh pesawat-pesawat itu “akan ditangguhkan sesegera mungkin”. “Kami sedang dalam proses membuat penjadwalan ulang yang diperlukan dan akan memberi tahu tamu kami setiap pembatalan penerbangan,” kata maskapai itu.
  16. Uni Emirat Arab
    Otoritas Penerbangan Sipil Umum UEA membuat pengumuman bahwa pihaknya akan bergabung dengan investigasi yang sedang berlangsung mengenai kecelakaan dan mendaratnya Boeing 737 MAX 8 dan 9, demikian laporan kantor berita milik pemerintah WAM, Emirates. Setelah Emirates melarang pesawat itu, FlyDubai mengatakan akan “menyesuaikan jadwalnya untuk meminimalkan gangguan pada penumpang”.
  17. Ethiopian Airlines
    Ethiopian Airlines mengatakan pada hari Minggu bahwa mereka telah menghentikan armada Boeing 737 MAX 8 “hingga pemberitahuan lebih lanjut”. “Meskipun kami belum tahu penyebab kecelakaan itu, kami harus memutuskan untuk menghentikan armada khusus itu sebagai tindakan pencegahan keamanan tambahan,” kata kapal induk milik negara itu, yang terbesar di Afrika.
  18. Norwegian Air
    Maskapai Norwegia Norwegian Air mengumumkan pada hari Selasa bahwa mereka telah menangguhkan operasi yang melibatkan armada Boeing 737 MAX-nya. “Norwegia tidak akan mengoperasikan penerbangan dengan jenis pesawat ini sampai pemberitahuan lebih lanjut,” kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan. Norwegian Air mengutip keputusan oleh “badan pengawas penerbangan yang relevan” sebagai alasan untuk langkahnya.
  19. Afrika Selatan
    Perusahaan penerbangan Afrika Selatan Comair mengatakan pada hari Senin bahwa pihaknya “memutuskan untuk menghapus 737 MAX 8 dari jadwal penerbangannya”. “Keamanan dan kepercayaan diri pelanggan dan kru kami selalu menjadi prioritas kami,” Wrenelle Stander, direktur eksekutif divisi maskapai Comair, mengatakan dalam sebuah pernyataan.
  20. Brazil
    Maskapai penerbangan Brazil Gol Linhas Aereas mengatakan pada hari Senin untuk sementara menangguhkan operasi komersialnya dengan pesawat.
  21. Mexico
    Perusahaan penerbangan Meksiko Aeromexico, yang memiliki enam 737 MAX 8 di armadanya, mengumumkan pada hari Senin bahwa mereka mendaratkan pesawat, dengan mengutip “keamanan operasi dan kedamaian pelanggan”.
  22. Argentina
    Argentina ‘s flagship carrier, Aerolineas Argentinas, mengatakan pada hari Senin bahwa telah menangguhkan operasi yang lima 737 MAX 8s sambil menunggu hasil penyelidikan kecelakaan pesawat Ethiopian Airlines. “Untuk Aerolineas Argentinas, nilai yang paling penting adalah keamanan,” kata perusahaan penerbangan itu dalam sebuah pernyataan.

Sumber : Al Jazeera | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1440 Hjr. (2019) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here