Lawan Covid-19, Raja Salman Berlakukan Jam Malam di Seluruh Wilayah Saudi

366

Moslemtoday.com : Raja Salman bin Abdulaziz Alsaud kembali mengeluarkan Dekrit Kerajaan tentang pemberlakuan jam malam di seluruh wilayah Arab Saudi mulai Senin ini hingga 21 hari ke depan. Hal itu dilakukan untuk membatasi penyebaran virus corona (Covid-19).

Dengan adanya pemberlakuan jam malam ini, seluruh warga Saudi dilarang berkeliaran/bepergian ke luar rumah mulai pukul 19.00 malam sampai 06.00 pagi. Peraturan ini dimulai Senin, 28 Rajab 1441 atau bertepatan 23 Maret 2020 hingga 21 hari ke depan.

Atas perhatian besar Kerajaan terhadap kesehatan dan keselamatan warga dan ekspatriat yang tinggal di Saudi dari infeksi virus corona (Covid-19), Raja Salman mengeluarkan perintah sebagai berikut, seperti dilansir dari Saudi Press Agency, Senin, (23/3/2020) :

Pertama : Memberlakukan jam malam untuk membatasi penyebaran virus corona (Covid-19) dari jam 7 malam hingga jam 6 pagi yang dimulai pada Senin malam, 28 Rajab 1441 H atau bertepatan 23 Maret 2020.

Kedua : Kementerian Dalam Negeri mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menerapkan jam malam ini, dan semua otoritas sipil dan militer harus bekerja sama sepenuhnya dengan Kementerian Dalam Negeri dalam hal ini.

Ketiga : Jam malam dikecualikan bagi karyawan dari sektor vital publik dan swasta yang pekerjaannya membutuhkan kinerja yang berkelanjutan selama periode jam malam, dan itu termasuk karyawan dari sektor keamanan, militer dan media, dan pekerja di sektor kesehatan dan klinik medis, dan beberapa sektor terkait sesuai peraturan yang akan dikeluarkan Kementerian Dalam Negeri.

Melalui Dekrit ini, Raja Salman meminta kepada seluruh warga untuk tetap tinggal di dalam rumah demi menjaga keselamatan diri mereka sendiri. Raja Salman meminta kepada seluruh warga, otoritas sipil dan militer untuk bekerja sama sepenuhnya dan mendukung pemberlakuan kebijakan ini.

Dekrit Raja Salman dikeluarkan setelah temuan 119 kasus baru positif corona oleh Kementerian Kesehatan. Hingga Minggu, 22 Maret 2020, total kasus yang tercatat di Arab Saudi adalah 511 kasus positif dan belum ada laporan kematian. (DH/MTD)

Sumber : Arabnews, Saudi Press Agency | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here