Lebih dari 1000 Jamaah Haji Qatar Sudah Tiba di Arab Saudi sebagai Tamu Raja Salman

1485

Moslemtoday.com : Lebih dari 1000 jamaah haji Qatar sudah tiba di Arab Saudi melewati jalur perbatasan Salwa. Para jamaah haji Qatar yang sudah memasuki Arab Saudi disambut sebagai tamu kerajaan sesuai dengan keputusan Raja Salman pekan lalu bagi jamaah haji dari Qatar, seperti dilansir dari Al Arabiya, Jumat, (25/8/2017).

Perjalanan jamaah haji Qatar menggunakan jalur darat melewati gerbang perbatasan Salwa terus mengalamai peningkatan setelah Qatar menolak memberikan izin bagi pesawat Saudi Arabia Airlines untuk menerbangkan jamaah haji Qatar dari Doha ke Jeddah.

Jalur Salwa merupakan gerbang perbatasan antara Arab Saudi-Qatar yang ditutup sejak pemberlakuan blokade Teluk terhadap Qatar pada 5 Juni 2017 lalu. Sejak Kamis, (17/8/2017). Raja Salman memerintahkan untuk membuka jalur tersebut untuk memudahkan para jamaah haji melakukan perjalanan darat menuju Makkah.

Raja Salman juga memerintahkan pengiriman pesawat jet pribadi milik Saudia Arabian Airlines ke Doha, Qatar untuk menjemput para jamaah haji Qatar dengan biaya gratis. Keputusan Kerajaan ini datang setelah terjadinya pertemuan antara Sheikh Abdullah bin Ali bin Abdullah bin Jassem Al Thani dari Qatar dengan Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Muhammad bin Salman di Istana As-Salam, Jeddah, Rabu, (16/8).

Namun sampai saat ini, Arab Saudi belum bisa mengirim pesawat tersebut karena terkendala izin dari otoritas bandara Doha. Saudi Arabian Airlines melaporkan bahwa pihaknya sejauh ini tidak dapat menjadwalkan penerbangan dari Doha ke Jeddah karena tidak mendapatkan izin dari pemerintah Qatar. (DH/MTD)

Redaktur : Deli Abdullah
Sumber : Al Arabiya

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here