Liga Arab dan Universitas Al-Azhar Tandatangani MoU untuk Memerangi Terorisme

1213

Moslemtoday.com : Liga Arab dan Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir menandatangani sebuah nota kesepahaman (MoU) sebagai bentuk kerja sama antara kedua belah pihak dalam mempromosikan dialog dan penyebaran ajaran Islam yang Rahmatan Lil Alamin untuk memerangi terorisme.

MoU tersebut ditandatangani antara Asisten Sekretaris Jenderal untuk Duta Urusan Sosial Liga Arab, Badrudin Al-Alali dan juru bicara Al Azhar, Sheikh Abbas Shoman.

Kedua belah pihak sepakat bekerja sama untuk mencapai visi strategis menghadapi upaya pelecehan Islam dan pendistorsian terhadap nilai-nilai luhurnya. Kedua belah pihak juga sepakat memberikan kontribusi untuk menyajikan gambaran yang benar tentang peradaban Islam Arab dan kontribusinya terhadap kemajuan peradaban manusia.

Sumber di Al Azhar mengatakan bahwa nota kesepahaman juga memungkinkan terjadinya pertukaran pengalaman dan kunjungan antara kedua belah pihak untuk mengadakan konsultasi yang menjadi perhatian bersama.

Alali menggarisbawahi bahwa pentingnya MoU, terutama karena Al Azhar adalah perwakilan institusi keagamaan moderat di dunia Islam. Shoman menegaskan bahwa kerja sama antara Al Azhar dan Liga Arab sudah lama terjalin.

Shoman juga menekankan pentingnya kerjasama antara berbagai institusi di dunia Islam guna memerangi terorisme di negara-negara Arab dan Islamofobia di barat.

Liga Arab dan Al Azhar menekankan pentingnya membangun wacana religius moderat yang diilhami oleh nilai-nilai agama yang mapan daripada menantang semangat modernisasi atau menghalangi keterbukaan terhadap dunia dan prinsip-prinsip Islam. (DH/MTD)

Sumber : Asharq Al Awsat

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here