Liga Arab Desak Mahkamah Pidana Internasional Usut Kebrutalan Israel Terhadap Warga Palestina

707

Moslemtoday.com : Liga Arab desak Mahkamah Pidana Internasioanl (International Criminal Court atau ICC) untuk mengusut aksi kebrutalan pasukan militer Israel terhadap warga Palestina. Awal pekan ini, 62 warga Palestina telah tewas ditembak mati oleh militer Israel yang memprotes pembukaan Kedubes AS di Jerusalem. Sekitar 2.700 orang terluka melalui tembakan langsung dan penggunaan gas air mata.

“Israel adalah entitas yang menindas dan membunuh dan para politisi dan perwiranya harus dibawa ke Mahkamah Pidana Internasional,” kata Amjad Shamout, Ketua Komite Liga Arab untuk Hak Asasi Manusia, seperti dilansir dari Al Arabiya, Rabu, (16/5/18).

Sementara itu, Kepala Jaksa ICC Fatou Bensouda mengatakan bahwa ICC siap mengambil tindakan apapun yang dibutuhkan untuk mengadili setiap bentuk aksi kejahatan.

“Tim kami telah mengikuti perkembangan di lapangan dan merekam setiap dugaan kejahatan yang bisa masuk ke dalam yurisdiksi pengadilan. Setiap bentuk kekerasan harus dihentikan,” katanya dalam sebuah pernyataan kepada AFP.

Pemimpin Liga Arab Ahmed Abul Gheit mengutuk “pembantaian” terhadap warga Palestina dan menyebutnya sebagai tindakan kejahatan perang.  Abul Gheit  menyerukan masyarakat internasional untuk “melindungi rakyat Palestina, yang telah memilih jalan perjuangan damai dan telah dihadapkan dengan kebrutalan, kekerasan dan pembunuhan oleh Israel.

Liga Arab dijadwalkan akan mengadakan pembicaraan darurat Rabu ini untuk membahas pemindahan kantor kedutaan AS dari Tel Aviv ke Jerusalem yang disebut sebagai tindakan ilegal dan melanggar resolusi PBB. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here