Liga Arab Gelar Pertemuan Darurat Bahas Kota Jerusalem

1052

Moslemtoday.com : Liga Arab akan menggelar pertemuan luar biasa untuk membahas rencana pemindahan kedutaan besar Amerika Serikat (AS) di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Asisten sekretaris jenderal Liga Arab, Hossam Zaki, memberi tahu pers di Kairo pada Senin pagi bahwa representatif-representatif dari Liga Arab besok akan berkumpul untuk membahas Yerusalem.

Pertemuan ini dilakukan di tengah maraknya laporan media baru-baru ini yang menyebutkan bahwa Presiden AS Donald Trump akan mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Palestina Riad al-Maliki meminta Liga Arab dan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk berkumpul membahas situasi di Yerusalem.

Menurut pernyataan yang dirilis Kementerian Luar Negeri Palestina, seorang diplomat tinggi Palestina mendesak kepala Liga Arab Ahmed Aboul-Gheit dan Sekretaris Jenderal OKI Yousef al-Othaimeen untuk segera menggelar pertemuan darurat.

Presiden Palestina Mahmud Abbas pada Minggu mengatakan bahwa langkah tersebut dapat membahayakan masa depan proses politik di wilayah tersebut.

Yerusalem masih menjadi poros konflik Israel-Palestina, karena rakyat Palestina menginginkan Yerusalem Timur sebagai ibu kota negaranya di masa mendatang.

Selama kampanyenya, Trump berjanji untuk memindahkan kedubes AS dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Sumber : Anadolu Agency

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here