Liga Arab Kutuk Iran karena Bangun Pemukiman dan Lakukan Operasi Militer di Tiga Pulau Milik UEA di Teluk Persia

1598

Moslemtoday.com : Pertemuan Dewan Menteri Liga Arab yang dihadiri 146 utusan di ibukota Mesir, Kairo, berakhir pada Kamis (8/9/2016) kemarin. Pertemuan yang dihadiri para pemimpin di Timur Tengah ini menghasilkan sejumlah putusan yang menentang Iran.

Salah satu contoh yang menonjol adalah keputusan Liga Arab yang menegaskan kembali dukungan kepada kedaulatan Uni Emirat Arab atas tiga pulau di Teluk Persia. Ketiga pulau tersebut juga di klaim, dan saat ini telah diduduki, oleh Iran.

Liga Arab mengutuk Iran karena membangun pemukiman dan melaksanakan operasi militer di tiga pulau yang ada di Teluk Persia yaitu Greater Tunb, Tunb Lesser, dan Abu Musa. Demikian sebagaimana dilansir dari Middle East Monitor, Jumat (9/9/2016).

Stasiun televisi pemerintah Iran, Press TV, juga melaporkan perseteruan antara Ketua Liga Arab Ahmed Aboul Gheit dengan utusan pemerintah Iran atas keterlibatan mereka di Suriah. Menurut Press TV, juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Bahram Qasemi kritik pernyataan Gheit.

“Bukankah Liga Arab, sesuai dengan Piagamnya, harus membantu menyelesaikan krisis di antara para anggotanya melalui cara-cara damai?, namun ini malah mendukung secara ofensif militer sebuah negara Arab terhadap negara Arab lain dan menyetujui agresi serta pembunuhan saudaranya,” ujar Qasemi. (DH)

Sumber : Middle East Monitor

comments

Loading...

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here