Liga Arab : Pelanggaran Iran di Dunia Arab Telah Melewati Batas

1124

Moslemtoday.com : Sekretaris Jenderal Liga Arab mengatakan bahwa Iran berusaha untuk menjadi “belati berbahaya” di dunia Arab, terutama ke Arab Saudi dan negara-negara Teluk.

Ahmed Aboul Gheit juga mengkonfirmasi serangan rudal baru-baru ini yang diluncurkan oleh milisi Houthi yang menargetkan Arab Saudi adalah buatan Iran.

“Rudal balistik yang berhasil dicegat Arab Saudi berjumlah 76 roket, seluruhnya buatan Iran, dan karena itu kami menegaskan solidaritas penuh kami dengan Arab Saudi dalam segala hal yang diperlukan untuk melindungi keamanan nasionalnya,” ungkap Sekjen Liga Arab, seperti dilansir Al Arabiya, Senin, (20/11/2017).

Liga Arab tengah mengadakan pertemuan luar biasa atas permintaan Arab Saudi untuk membahas “pelanggaran” yang dilakukan oleh Iran di wilayah tersebut. Bahrain dan Uni Emirat Arab mendukung permintaan Saudi, yang juga disetujui oleh Djibouti, ketua blok pan-Arab saat ini.

Ketegangan semakin meningkat antara Arab Saudi dan Iran, termasuk anggota Liga Arab, yakni : Qatar dan Lebanon beberapa minggu terakhir.

Menurut laporan tersebut, permintaan Saudi didasarkan pada serangan sebuah rudal balistik yang ditembakkan dari wilayah Yaman pada 4 November lalu oleh kelompok pemberontak Houthi atas dukungan Iran. Rudal tersebut berhasil dicegat dengan pertahanan udara Saudi di dekat Riyadh.

Dalam laporan tersebut, Arab Saudi juga menjelaskan berbagai bentuk pelanggaran yang dilakukan oleh Iran di wilayah Arab, yang merongrong keamanan dan perdamaian, tidak hanya di wilayah Arab, tapi di seluruh dunia.

Liga Arab memiliki 22 anggota, namun keanggotaan Suriah dihentikan pada akhir tahun 2011 setelah berbulan-bulan melakukan aksi brutal terhadap warga sipil yang menyebabkan perang berkepanjangan di Suriah tak kunjung usai. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here