Liga Arab Tolak Kesepakatan Perdamaian Israel-Palestina yang Dirancang AS

102

Moslemtoday.com : Liga Arab menyatakan menolak segala bentuk rencana perdamaian yang tidak menghormati hak-hak rakyat Palestina. Penolakan ini mengacu pada proposal “The Deal Of The Century” atau yang dikenal “Kesepakatan Abad Ini” yang dirancang oleh Amerika Serikat.

Liga Arab menolak dokumen tersebut karena tidak mencantumkan soal kedaulatan Palestina.

“Tanpa memberikan hak hukum kepada rakyat Palestina, rencana semacam ini tidak akan pernah membawa perdamaian yang komprehensif dan abadi di Timur Tengah,” kata para menteri luar negeri anggota Liga Arab dalam deklarasi bersama di Kairo, seperti dilansir dari Anadolu Agency, Selasa, (23/4/2019).

Liga Arab menyatakan rakyat Palestina berhak mendirikan negara merdeka pada garis batas 4 Juni 1967 dengan Al-Quds sebagai ibukotanya. Namun wilayah-wilayah di garis batas tersebut saat ini terus diduduki oleh Israel dan membangun pemukiman-pemukiman ilegal Yahudi.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengatakan bahwa perdamaian nyata hanya dapat dilakukan berdasarkan legitimasi internasional. “Kita tidak akan berdamai dengan Netanyahu. Israel sepenuhnya telah melanggar resolusi internasional termasuk Kesepakatan Oslo dan Protokol Ekonomi Paris sejak 1947,” kata Abbas dalam pertemuan tersebut.

Deklarasi bersama Liga Arab juga menyerukan kepada kelompok-kelompok Palestina untuk membangun rekonsiliasi nasional dan mengadakan pemilihan umum sesegera mungkin. (DH/MTD)

Sumber : Anadolu Agency | Redaktur : Hermanto Deli

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here