Mahfud Sebut Kasus Tragedi Kanjuruhan Bukan Pelanggaran HAM Berat

27
Mahfud Sebut Kasus Tragedi Kanjuruhan Bukan Pelanggaran HAM Berat

Moslemtoday.com : Menkopolhukam Mahfud Md menegaskan Tragedi Kanjuruhan, Malang yang menewaskan 135 orang bukan pelanggaran HAM berat. Mahfud menyebut tragedi tersebut hanya pelanggaran biasa.

Menurut Mahfud, status bukan pelanggaran HAM Berat ini didasarkan dari hasil penyelidikan dari Komnas HAM.

“Kasus Kanjuruhan tragedi sepakbola itu bukan pelanggaran HAM berat,” kata Mahfud saat di Ponpes Miftachus Sunnah Surabaya, Selasa (27/12/2022).

“Berdasarkan hasil penyelidikan Komnas HAM. Mungkin ada pelanggaran HAM biasa, sekarang posisinya sedang berjalan,” imbuhnya.

Mahfud menjelaskan meski 135 nyawa melayang dan ada unsur kesengajaan. Namun dia menilai Tragedi Kanjuruhan tidak bisa disebut pelanggaran HAM berat.

“Kasus Kanjuruhan itu yang meninggal 135, itu bukan kasus pelanggaran HAM berat meskipun mungkin terjadi kesengajaan,” katanya.

Seperti diketahui, 135 orang tewas saat Tragedi Kanjuruhan terjadi pada 1 Oktober 2022. Tragedi ini terjadi sesaat setelah laga Arema FC vs Persebaya dalam lanjutan Liga 1 selesai dengan skor 2-3.

Sumber : Detikcom | Weblink : https://www.detik.com/jatim/hukum-dan-kriminal/d-6483740/mahfud-md-tragedi-kanjuruhan-bukan-pelanggaran-ham-berat

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here