Maklumat MUI Sumatera Barat Terkait Vaksin Sinovac Suci dan Halal

334

Moslemtoday.com : MUI Sumatera Barat bersepakat untuk melakukan kajian yang lebih mendalam terhadap vaksin Sinovac dari Sinovac Life Sciences CO. LTD. China dan PT. Bio Farma (Persero). Pasalnya kata suci sebuah vaksin dinilai bahasa yang berlebihan.

“Kata suci, sebagian orang menilai itu agak berlebihan, karena suci memiliki 2 makna, yaitu bersih secara zahir dan bersih secara iman,” kata Buya Gusrizal Gazahar, Ketua MUI Sumbar, seperti dikutip dari Sindonews.com, Kamis (14/1/2021).

MUI Sumatera Barat berharap pihak-pihak terkait untuk membantu penelitian dan pengkajian tersebut baik berhubungan dengan sampel Vaksin, laboratorium, tenaga ahli dan berbagai informasi yang diperlukan.

MUI Sumatera Barat tidak merekomendasikan para ulama dan da’i dijadikan sebagai model/ percontohan dalam vaksinasi Covid-19, kecuali atas kesediaan pribadi yang bersangkutan.

Buya Gusrizal berpesan agar tidak ada pemaksaan vaksinasi kepada masyarakat. Kalaupun alasan kedaruratan dijadikan sebagai pertimbangan untuk membolehkan, perlu diperjelas dahulu tiga hal penting terkait kedaruratan tersebut, yaitu: ukuran kemudharatan, kadar kedaruratan dan efektifitas penghilang kedaruratan.

“Tanpa kejelasan tiga hal tersebut, maka penerapan kaidah kedaruratan sangatlah lemah. Selain itu karena ini terkait dengan jiwa/nyawa maka tentu pilihan tetap harus ada di tangan umat dan pemaksaan dengan alasan ketundukan kepada ulil amri, tidak muthlak bisa dipergunakan dalam kasus ini,” tegas Buya Gusrizal.

Sumber : Sindonews.com, Muisumbar.or.id

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here