Malaysia Berlakukan Larangan Merokok di Semua Restoran Per-1 Januari 2019

299

Moslemtoday.com : Terhitung 1 Januari 2019, Malaysia mengeluarkan larangan merokok di semua perusahaan makanan di Malaysia, termasuk di luar rumah.

“Masyarakat didesak untuk tidak merokok di semua restoran, baik yang ber-AC atau tidak. Ini termasuk di dalam dan di luar bangunan restoran dan food court berada. Larangan itu juga mencakup kios makanan yang menyediakan meja dan kursi untuk orang makan, serta restoran di kapal dan kereta api,” kata direktur jenderal Kementerian Kesehatan Noor Hisham Abdullah, seperti di lansir dari Channel Newsasia, Ahad, (6/1/2019).

Noor Hisham menambahkan, Ini sejalan dengan Kontrol Regulasi Produk Tembakau (Amandemen) 2018, untuk melindungi masyarakat dari paparan asap rokok.

Noor Hisham juga mengingatkan pemilik dan operator tempat makanan untuk menampilkan rambu-rambu bebas rokok, dan menghilangkan asbak. Hal yang menarik disini adalah bagi siapa yang melanggar atau merokok di daerah terlarang dikenakan denda hingga RM10.000 (US $ 2.450) atau dipenjara hingga dua tahun.

Pemilik perusahaan makanan yang gagal menampilkan tanda dilarang merokok dapat didenda hingga RM3.000 atau dipenjara hingga enam bulan, dan bagi perusahaan yang menyediakan fasilitas merokok, mereka dapat didenda hingga RM5.000 atau dipenjara hingga satu tahun.

Sumber : Channel Newsasia | Redaktur : Aris Abadi
Copyright © 1439 Hjr. (2019) – Moslemtoday.com

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here