Malaysia Larang Buku soal Islam “Toleran” dan Ancaman 3 Tahun Penjara bagi yang Melanggar

1416

Moslemtoday.com :  Pemerintah Malaysia melarang peredaran, pencetakan dan kepemilikan buku Islam moderat, serta menetapkan hukuman penjara hingga tiga tahun bagi mereka yang melanggar.

Buku berjudul “Breaking The Silence: Voices Of Moderation – Islam In A Constitutional Democracy” itu berisi kumpulan esai yang diterbitkan oleh sebuah organisasi Muslim kenamaan di Malaysia, dengan tujuan mendorong Islam yang lebih toleran.

Buku itu merupakan hasil karya sekelompok mantan pejabat negara dan diplomat yang dikenal dengan julukan “G25”, sesuai jumlah pendiri kelompok ini. Kelompok itu dibentuk untuk melawan intoleransi dan sejumlah esai dalam buku tersebut ditulis anggota “G25”.

Wakil Perdana Menteri Malaysia Ahmad Zahid Hamidi yang menandatangani pelarangan pada Selasa (1/8), menyebut bahwa mencetak atau memiliki buku tersebut dianggap melanggar peraturan, dan bisa dihukum penjara hingga tiga tahun.

Malaysia memang kerap melarang penerbitan buku, film dan lagu yang mengandung materi sensitif mengenai agama atau seks. Namun, sejumlah kalangan menilai pelarangan dan sensor yang dilakukan pemerintah Malaysia menunjukkan “pendekatan otoriter terhadap Islam” oleh pemerintah. (DH/MTD)

Sumber : CNN Indonesia | KOMPASCOM

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here