Malaysia Sita $ 240 Juta dari Rekening Bank Milik Perusahaan China

279

Moslemtoday.com : Pemerintah Malaysia telah menyita lebih dari 1 miliar ringgit ($ 240 juta atau setara Rp. 3,4 Triliun) dari rekening bank milik China Petroleum Pipeline Engineering Ltd (CPP), sebuah perusahaan kontraktor milik negara Cina.

“Pemerintah Malaysia memerintahkan HSBC untuk mentransfer dana yang disimpan dalam akun bank perusahaan China CPP ke akun Suria Strategic Energy Resources, yang dimiliki oleh kementerian keuangan Malaysia,” bunyi laporan yang dirilis The Strait Times, seperti dilansir dari Reuters, Senin, (15/7/2019).

Pihak CPP mengaku bingung dengan transfer dana sepihak dari rekeningnya tanpa pemberitahuan. Sementara itu, Pejabat kementerian keuangan Malaysia, kantor Perdana Menteri dan kantor perusahaan pipa Malaysia tidak segera menanggapi permintaan dari Reuters untuk memberikan komentar.

HSBC menolak berkomentar, dengan alasan kerahasiaan klien. Seorang pejabat senior CPP China National Petroleum juga menolak memberikan komentar.

Pada tahun 2016, CPP memenangkan kontrak dari pemerintah mantan PM Najib Razak untuk membangun jaringan pipa minyak sepanjang 600 km (373 mil) di sepanjang pantai barat semenanjung Malaysia dan pipa gas 662 km (411 mil) di Sabah.

Proyek-proyek itu kemudian ditangguhkan oleh PM Mahathir Mohamad. PM Mahathir telah bersumpah untuk menegosiasikan kembali atau membatalkan apa yang dia sebut sebagai proyek Cina “tidak adil” yang disahkan oleh pemerintahan Najib sebelumnya. (DH/MTD)

Sumber : Reuters | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here