Mantan Pemimpin Sebut Hizbullah Hanya Dijadikan Sebagai Pion oleh Assad dan Rusia di Suriah

1176
Subhi al-Tufayli was the first leader of Hezbollah from 1989 until 1991. (Video grab)

Moslemtoday.com : Mantan pemimpin milisi Syiah Lebanon Hizbullah, Subhi al-Tufayli, mengecam kelompok yang pernah dipimpinnya itu. Tufayli mengecam Hizbullah terkait agresinya di Suriah. Ia menilai keterlibatan Hizbullah hanya dijadikan sebagai pion oleh Assad, Rusia dan AS di Suriah.

Dalam video yang muncul di internet awal pekan ini, Tufayli menyerukan pejuang Hizbullah di Aleppo untuk menghentikan keterlibatan mereka dalam perang. “Jika ada orang terhormat di antara kamu (Hizbullah), kemudian bertobat dan kembali. Jangan menjadi pion yang melayani Amerika Serikat (AS) dan Suriah,” katanya. Demikian seperti dikutip dari Al-Arabiya, Jumat (7/10/2016).

Tufayli, yang pemimpin Hibullah pertama dari tahun 1989 sampai tahun 1991, menuding AS dan Rusia hanya berkonspirasi di Suriah. “Aleppo saat ini sedang dihancurkan seperti Berlin. Pesawat-pesawat tempur tidak pernah meninggalkan langitnya, anak-anak di bom siang dan malam,” katanya.

Wilayah timur Aleppo yang terkepung terus dibombardir secara intens sejak runtuhnya gencatan senjata uang ditengahi oleh AS dan Rusia bulan lalu. “Siapa pun sekutu dengan orang-orang ini, Amerika atau Rusia, aku bersumpah demi Tuhan, dia adalah musuh,” kecam Tufayli.

Hizbullah bergabung dalam perang di Suriah sejak tahun 2012 dalam memberikan dukungan kepada Presiden Suriah Bashar al-Assad. Hizbullah telah menjadi pemain kunci dalam menjaga presiden yang berkuasa.

Sedangkan Rusia meluncurkan operasi militer di Suriah September lalu untuk mendukung sekutu lama mereka Bashar al-Assad yang marah kepada Barat, AS dan sekutunya, karena membantu kelompok pemberontak.

Sumber : Al-Arabiya | Weblink : http://english.alarabiya.net/en/News/middle-east/2016/10/06/Former-Hezbollah-leader-slams-group-as-US-Russia-pawns-.html

📲 Akses lebih mudah… Install aplikasi Moslemtoday.com di Play Store: klik: https://play.google.com
📪 Mari gabung bersama media sosial Moslemtoday.com, silakan klik : Telegram : Grup, Channel, Instagram, WhatsApp: Grup 1, Grup 2, Grup 3, Grup 4, Twitter, Facebook

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here