Mantan Presiden Iran Ahmadinejad ditangkap karena memprovokasi aksi protes anti-pemerintah

2438

Moslemtoday.com : Rezim Iran dilaporkan telah menangkap mantan Presiden Mahmoud Ahmadinejad di kota Shiraz dengan dakwaan telah memprovokasi aksi kerusuhan dan demonstrasi anti-rezim yang sedang berlangsung di Iran.

Selama kunjungan ke kota Bushehr pada akhir Desember kemarin, Ahmadinejad telah mengatakan bahwa “Iran menderita salah urus dan presiden Iran saat ini Hassan Rouhani dan pemerintahnya hanya menguras kekayaan rakyatnya sementara masyarakatnya dibiarkan tidak tahu apa-apa,” seperti dilansir dari Al Arabiya, Ahad, (7/1/18).

“Pemimpin Iran saat ini hidup dalam kemewahan dan membiarkan kemiskinan di masyarakat. Pemimpin saat ini sama sekali tidak tahu apa-apa tentang realitas di masyarakatnya,” ungkap Ahmadinejad.

Baca juga : 

Dalam sebuah rekaman video, Ahmadinejad berbicara tentang Amole Larijani dengan nada sarkastik : “Saya tidak memiliki anak-anak yang memata-matai Barat, saya tidak memiliki saudara laki-laki yang secara aktif menyelundupkan barang, dan saya tidak mencuri tanah untuk memelihara ternak saya.”

Amole Larijani, Kepala Peradilan Iran mengatakan bahwa Ahmadinejad telah memprobokasi aksi demonstrasi menjadi lebih banyak. Pihak berwenang Iran kemudian menempatkan Ahmadinejad di bawah tahanan rumah dengan persetujuan Ali Khamenei.

Mahmoud Ahmadinejad termasuk di antara tokoh yang dipandang oleh rezim-Iran saat ini sebagai pembangkang dan melakukan perlawanan terhadap kepemimpinan presiden Hassan Rouhani. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here