Mantan Presiden Iran, Ahmadinejad Terancam Penjara Dalam Tuntutan Penyalahgunaan Uang Negara

1317
Mahmoud Ahmadinejad - REUTERS/Karim Kadim/Pool

Moslemtoday.com : Mantan Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad, menghadapi tujuh tuntutan hukuman atas penyalahgunakan miliaran dolar dana pemerintah selama masa jabatan kepresidenannya. Dakwaan tersebut disampaikan Jaksa Penuntut Umum,Fayaz Shojaie di Mahkamah Agung Iran.

Salah satu kasus yang diusut itu berasal dari masa jabatan kedua Ahmadinejad antara 2009-2013. Jaksa penuntut Fayaz Shojaie mengatakan, anggaran negara yang disalahgunakan mencapai lebih dari 2 miliar dolar AS.

Shojaie mengatakan, keputusan pengadilan audit itu sudah diumumkan di parlemen, karena mahkamah audit berada di bawah naungan parlemen. Demikian seperti dilansir dari Al Arabiya, Jumat, (4/6/2017).

Sejauh ini belum diketahui pasti apakah Ahmadinejad sudah diadili di pengadilan atau sudah menghadapi hukuman atau parlemen Iran harus menindaklanjuti keputusan pengadilan tersebut.

Sementara itu, Ahmadinejad mendapat dukungan dari warga miskin dan kelas pekerja Iran setelah berjanji akan membagi kekayaan minyak negeri itu dengan rakyat. Reformasi subsidi diberlakukan di masa jabatan keduanya dengan tujuan agar subsidi yang diberikan negara tepat sasaran dengan memangkas sebagian besar anggaran pemerintah.

Meski mendapat dukungan sebagian kalangan warga Iran, Ahmadinejad membuat gerah kelompok Militan Khamenei karena Ahmadinejad berani bersitegang dengan pemimpin tertinggi Ayatollah Ali Khamenei secara terbuka selama masa jabatan keduanya. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here