Mantan Presiden Mesir Muhammad Mursi Hadapi Ancaman Kematian Dini di Penjara

594

Moslemtoday.com : Mantan Presiden Mesir Muhammad Mursi dilaporkan telah ditahan dengan standar yang cukup jauh dari standar kesehatan seperti yang telah diajukan oleh hukum internasional. Kondisi tersebut dapat membuat Mursi terancam menghadapi kematian dini ditengah kondisi kesehatan Mursi yang semakin memburuk.

Dalam sebuah laporan yang dirilis Detention Review Panel (DRP) yang ditugaskan oleh keluarga Mursi, mengatakan bahwa mantan pemimpin tersebut “menerima perawatan yang tidak memadai perawatan medis terutama penyakit diabetes dan penyakit liver yang dideritanya,” seperti dilansir dari Al Jazeera, Kamis, (29/3/18).

“Konsekuensi dari perawatan yang tidak memadai ini kemungkinan akan mempercepat memburuknya kondisi jangka panjang kesehatan Mursi yang kemungkinan akan menyebabkan kematian dini,” tambah laporan tersebut.

DRP mengatakan bahwa kondisi penahanan Mursi telah melewati ambang batas penyiksaan sesuai dengan hukum Mesir dan internasional. DRP menambahkan bahwa Presiden Mesir saat ini, Abdel Fattah al-Sisi harus bertanggung jawab atas kejahatan penyiksaan ini.

Mursi, 67 tahun, terpilih secara demokratis setelah revolusi Mesir 2011. Dia kemudian digulingkan menyusul protes massal dan kudeta militer pada Juli 2013. Mursi menjabat hanya satu tahun dari masa jabatannya selama empat tahun, sementara partai yang menjadi miliknya, Ikhwanul Muslimin, sejak itu menjadi partai terlarang di Mesir.

Sejak penggulingannya, Mursi telah diadili dalam beberapa kasus berbeda.

Pada April 2015, Mursi dijatuhi hukuman 20 tahun penjara atas dakwaan memerintahkan penangkapan dan penyiksaan terhadap para pengunjuk rasa dalam bentrokan di luar istana kepresidenan pada tahun 2012.

Pada September 2016, Mursi dijatuhi hukuman 25 tahun penjara atas dakwaan mengirim mata-mata ke Qatar. Pada Desember 2017, Morsi juga dijatuhi hukuman tiga tahun penjara atas tuduhan menghina pengadilan.

Mursi sekarang ditahan di Penjara Tora, Mesir yang juga dikenal sebagai Penjara Kalajengking, di mana DRP mengatakan Mursi telah ditahan di sel isolasi selama sekitar tiga tahun. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here