Masjid Agung Granada Dipadati Umat Islam Spanyol Selama Ramadhan

849

Moslemtoday.com : Sebuah masjid di kota Granada Andalusia yang terletak di Spanyol Selatan yang berhadapan langsung dengan Istana Al-Hambra telah menarik perhatian umat Islam Spanyol selama bulan Ramadhan.

Masjid yang bernama “Mezquita Mayor de Granada” (Masjid Agung Granada) menyediakan menu berbuka puasa bersama selama bulan Ramadhan dengan sajian hidangan susu, kurma dan sup Harira Maroko.

Sekretaris Jenderal Masjid, Zacarias Lopez Rejon mengatakan bahwa Masjid menyelenggarakan kegiatan buka puasa bersama selama Ramadhan dengan susu dan kurma, sementara Sup Harira Maroko dihidangkan setelah shalat Tarawih.

“Setelah shalat Isya, kami melakukan shalat Tarawih. Selama sebulan penuh, Al-Quran dibaca dari awal hingga akhir sebanyak dua kali,” ungkap Rejon, seperti dilansir dari Anadolu Agency, Selasa, (29/5/2018).

Rejon menceritakan bahwa pembangunan masjid itu dimulai oleh komunitas Muslim Granada 30 tahun yang lalu ketika ayahnya masuk Islam.

“Kami mengalami kesulitan dalam pembangunan masjid. Prosesnya memakan waktu yang lama karena alasan keuangan dan politik. Akhirnya masjid itu diresmikan untuk ibadah pada tahun 2003,” kata Rejon.

Rejon menambahkan bahwa mereka membutuhkan bantuan keuangan dari seluruh dunia untuk tetap memelihara masjid.

Muhammed Ibrahim Perez, seorang pengunjung masjid yang berusia 60-an, mengatakan Muslim di Granada memiliki tempat penting dalam hal aspek lokal, nasional dan internasional.

Kota selatan Granada merupakan tanah peninggalan kekhalifahan Bani Umayyah di Andalusia selama delapan abad hingga Perang Granada pada 1492, ketika kaum Muslim kehilangan semua kekuasaan mereka di Spanyol dan. Granada kemudian dianeksasi ke Kastilia, sebuah kerajaan di Semenanjung Iberia selama Abad Pertengahan. (DH/MTD)

Sumber : Anadolu Agency | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here