MAU BSD 1441 H: Meski Pandemi, Ibadah Kurban Tak Pernah Sepi

    101

    Moslemtoday.com : Berkurban di hari raya Idul Adha adalah ibadah mulia yang sangat agung. Manusia diperintahkan oleh syariat islam yang sempurna untuk mempersembahkan sebagian harta terbaiknya di jalan Allah semata sebagai wujud ketaqwaan hamba kepada Rob penciptanya, sebagaimana yang pernah dicontohkan oleh nabi Ibrahim ‘alaihis salaam dan disyariatkan oleh nabi besar kita Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wasallam. Di antara harta yang paling utama untuk dikorbankan adalah hewan ternak atau udhhiyah seperti unta, sapi, domba dan kambing.

    Namun, ada yang berbeda dengan penyelenggaraan ibadah penyembelihan hewan qurban pada hari raya Idul Adha tahun 2020 atau 1441 Hijriyah kali ini. Pelaksanaan qurban di tengah masa pandemi covid 19, telah memaksa sebagian umat Islam khususnya yang tinggal di kawasan yang rawan penyebaran virus Corona atau berzona kuning hingga merah seperti di wilayah kawasan perumahan elit BSD City, Cisauk Tangerang dan sekitarnya untuk menerapkan protokol kesehatan covid 19 pada kegiatan ibadah berjemaah di masjidnya sesuai dengan kebijakan peraturan dari pemerintah daerah setempat.

    Tak ayal, bagi pihak Dewan Kemakmuran Masjid atau DKM dari Masjid Al Ukhuwah, BSD City, Cisauk Tangerang yang berikhtiar secara profesional, sesuai syari’at, tanggap dan optimal dalam melaksanakan kegiatan pemotongan hewan qurban sambil tetap menjalankan protokol kesehatan covid 19 secara ketat, demi menjamin keamanan, menjaga kesehatan dan keselamatan jiwa atas potensi dan resiko penularan virus Corona yang mungkin bisa terjadi di tengah berkumpulnya massa dari para panitia penyelenggara, jemaah dan para warga sekitar.

    Penerapan protokol kesehatan covid 19 yang dilaksanakan secara ketat oleh panitia penyelenggara tersebut, antara lain ialah memakai APD lengkap, menjaga jarak fisik (pysical distancing) antara panitia dengan para jemaah, meniadakan pembagian daging qurban di masjid agar tak terjadi pengumpulan massa dan sebagai gantinya daging disalurkan langsung oleh panitia ke rumah para mustahik atau warga penerima qurbannya masing-masing, dan sejumlah penerapan aturan lainnya.

    Selain itu, dalam mengemban amanah pemotongan hewan qurban, panitia secara profesional berupaya melibatkan pihak tim jagal syar’i dan tim Rumah Pemotongan Hewan atau RPH yang dilengkapi dengan peralatan potong hewan yang moderen dan higienis untuk menyembelih, mencacah dan memproses daging qurban secara higienis hingga akhirnya bisa disalurkan dengan baik ke tangan para mustahik atau warga penerima daging qurban.

    Pelaksanaan pemotongan hewan qurban sengaja dilakukan secara paralel sehari setelah penyelenggara ibadah sholat Ied hari raya Idul Adha, yaitu pada hari Sabtu 01 Agustus 2020 mulai pukul 06.30 WIB hingga selesai menjelang sholat dzuhur yang berlokasi di lapangan parkir Masjid Al Ukhuwah, BSD City, kecamatan Cisauk, Tangerang.

    Selain menerima titipan hewan qurban, panitia penyelenggara yang telah berpengalaman selama 5 tahun, juga menyediakan beragam pilihan hewan qurban yang sehat dan sesuai kriteria syariat, yang antara lain adalah domba dan kambing dengan berat 30 hingga 40 kilogram per ekor, dengan kisaran harga mulai dari 3,4 juta hingga hampir 4 juta rupiah per ekor nya. Ada juga sapi pedaging yang berjenis turunan simental dan limosin, dengan harga mulai dari 21 juta hingga lebih dari 30 juta rupiah per ekor, dengan berat bervariasi mulai dari 350 kilogram hingga mencapai berat 550 kilogram per ekornya.

    Di sisi lain, kondisi pandemi covid yang masih mengintai dan angka penularannya yang semakin bertambah khususnya di kawasan Jabodetabek, serta berdampak kepada giat perekonomian rakyat khususnya kaum muslimin yang ikut menurun, namun realita tersebut tidak disangka ternyata bertolak belakang dengan penyelenggaraan ibadah qurban kali ini yang atas izin Allah justru mengalami peningkatan antusiasme dan partisipasi jemaah dalam berkurban dibandingkan dengan tahun lalu.

    Salah satunya ialah Rahma, warga cluster The Avani BSD City yang datang langsung menyaksikan pemotongan hewan kurbannya bersama keluarga, mengaku puas dan tenang dengan cara kerja panitia kurban Masjid Al Ukhuwah BSD yang bekerja secara profesional, sesuai sunnah, efektif dan cepat, serta ketat dalam menerapkan protokol kesehatan covid 19, “menurut saya sudah cepat, sudah tepat dan customer orientednya dapet,” ungkapnya.

    Senada dengan Ade Peduli perwakilan pemuda karang taruna dari desa Cibogo Cisauk yang datang mengambil langsung hewan kurban di Masjid Al Ukhuwah, BSD untuk dibagikan ke warganya. “Saya berterimakasih banyak kepada Masjid Al Ukhuwah, alhamdulillah udah banyak membantu warga Cibogo,” tuturnya dengan bahagia.

    Alhamdulillah pada penyelenggaraan ibadah qurban tahun 2020 yang bertepatan dengan tahun 1441 Hijriyah kali ini, Masjid Al Ukhuwah BSD yang selalu ramai dengan penyelenggaraan kajian islam ilmiah dan beragam kegiatan dakwah lainnya, telah diamanahkan atau dititipkan oleh para jemaahnya dan warga sekitar yaitu sejumlah hewan qurban yang berupa 16 ekor sapi dan 96 ekor kambing dan domba. Angka ini mengalami kenaikan yang cukup signifikan dibanding tahun lalu yang hanya berjumlah 10 ekor sapi dan 44 ekor kambing.

    Menurut Ketua Takmir Masjid, Erwin Lubis menuturkan bahwa peningkatan tersebut diperkirakan karena suasana kebatinan dan keimanan jemaah akibat wabah covid 19 yang semakin meningkat kepada Allah dan berharap agar ibadah kurban yang dipersembahkan hanya kepada-Nya itu menjadi sebab penyakit ini segera sirna.

    Selain itu, kenaikan angka perkurban juga disebabkan oleh kerja profesional dan kredibilitas penyelenggara yang semakin baik dan sesuai syariat, “jemaah sekitar kalo mau berkurban agar memilih tempat yang aman dan profesional, in syaa Allah tahun depan kita harus persiapkan diri lagi, profesional dan pake panitia yang lebih banyak lagi,” tutupnya.

    Saat ini, ada sekitar 1600 warga atau mustahik calon penerima daging qurban yang telah terdata dan akan disalurkan secara langsung bantuannya oleh pengurus masjid Al Ukhuwah BSD ke rumahnya masing-masing di sekitar kawasan Serpong, BSD, Cisauk Tangerang hingga Gunung Sindur Bogor.

    Penyelenggara berharap agar daging hewan qurban yang disalurkan bisa bermanfaat untuk umat, dan pahalanya mengalir kepada para pequrban dan pihak-pihak terkait lainnya, serta wabah penyakit Corona segera diangkat oleh Allah Azza wajalla sebagai Rob atau Tuhan yang Maha Penolong dan Maha Penyembuh. Karena sesungguhnya Allah yang menurunkan penyakit dan Allah pula yang akan mengangkat penyakit tersebut. (Alam S/MTD)

    comments

    Loading...

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here