Megawati: Masih Saja Ada Pihak yang Mau Mempertentangkan Pancasila

274
Megawati Soekarnoputri. Sumber Foto: Republika/Putra M. Akbar

Moslemtoday.com : Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengatakan di usia kemerdekaan NKRI yang ke-75, masih saja ada pihak yang mencoba mempertentangkan prinsip negara Indonesia, yakni Pancasila. Padahal, prinsip negara tersebut sudah disepakati oleh para pendiri bangsa dan alim ulama.

“Pada usia 75 tahun, masih saja ada pihak yang mencoba mempertentangkan prinsip-prinsip negara kita,” ujar Megawati saat menjadi pembicara kunci dalam webinar dan peluncuran buku Kontekstualisasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Dasar Negara, Falsafah Hidup Bangsa, dan Ideologi Negara, Selasa (18/8/2020), seperti dikutip dari Republika.co.id.

Pihak-pihak tersebut mencoba mempertentangkan antara agama, Pancasila, dan negara. Padahal, menurut Megawati, ketiganya telah menjadi kesepakatan bersama para pendiri bangsa dan telah disetujui oleh para alim ulama.

Megawati menjelaskan, para pendiri bangsa telah menyepakati Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara sejak awal kemerdekaan. Dasar negara itu, setiap silanya termaktub dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Megawati menerangkan, Pancasila berawal dari buah pikir Presiden Soekarno. Pidato yang disampaikan oleh Soekarno pada 1 Juni 1945 merupakan momentum awal kemunculan Pancasila. Barulah setelah itu berkembang menjadi rumusan Piagam Jakarta dan baru difinalisasi pada 18 Agustus 1945.

Megawati menjelaskan bahwa Presiden Soekarno tidak pernah mengklaim dirinya sendiri sebagai pendiri Pancasila. Menurut Presiden Soekarno, Pancasila adalah hasil menggali dari nilai-nilai dalan kepribadian dan kebudayaan bangsa Indonesia yang sudah ada sejak semula. (DH/MTD)

Sumber : Republika.co.id

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here