Mendagri Bantah Akan Banyak Pembubaran Ormas

551

Moslemtoday.com : Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo membantah pernyataan yang memprediksi akan banyak organisasi masyarakat yang dibubarkan jelang tahun politik Pilkada 2018 dan Pemilu 2019.

Menurut Tjahjo, tidak ada hubungan pembubaran ormas dengan meningkatnya suhu politik. Sebab, pada tahun politik pemerintah sibuk melakukan konsolidasi demokrasi.

“Buktinya mana? Tahun politik konsolidasi demokrasi, memilih anggota DPRD, DPR RI, DPD, memilih presiden, kepala daerah. Enggak ada hubungannya dengan ormas,” kata Tjahjo saat ditemui di Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin (30/10/2017).

“Yang punya kerja pilpres pilkada adalah partai politik, ormas enggak punya kewenangan. Enggak ada hubungannya dengan ormas. Kalau ada orang yang katakan itu, baca dulu undang-undangnya,” ujar dia.

Selain itu, Tjahjo mengungkapkan bahwa pemerintah tidak berencana membubarkan ormas sebelum Undang-Undang tentang Organisasi Kemasyarakatan (UU Ormas) direvisi.

Namun, pemerintah tak segan membubarkan suatu ormas jika hendak melakukan makar dan ideologinya bertentangan dengan Pancasila.

“Saya jamin enggak ada, kecuali ada ormas yang makar ya, mau menyimpang dengan ideologi lain. Sampai hari ini itu enggak ada,” kata Tjahjo.

Sumber : KOMPAS | Republika.co.id

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here