Mendikbud: Tidak Ada Masalah dengan Lirik Tepuk Anak Soleh

2343

Moslemtoday.com : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menilai tidak ada permasalahan dengan lirik Tepuk Anak Sholeh.  “Kalau untuk dirinya sendiri (Islam) benar, kata Mendikbud di Kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Kamis (3/8).

Menurutnya, yang menjadi masalah apabila anak-anak kemudian menunjuk dan menyebut orang sebagai kafir. Sehingga, ia beranggapan harus ada pemahaman dari guru atas lirik tersebut. “Yang penting (kafir) tidak dialamatkan pada orang lain untuk meyakinkan diri saya harus Islam dan tak boleh kafir, masak tak boleh,” jelasnya seperti dikutip dari Republika.

Dilansir dari Liputan6.com, Bait akhir lagu “Tepuk Anak Soleh” yang biasa dinyanyikan anak prasekolah dan Taman Kanak-Kanak (TK) memicu polemik sejak awal pekan ini di Banyumas, Jawa Tengah. Lirik lagu “Islam Yes” versus “Kafir No” disikapi berbeda oleh berbagai kalangan.

Lirik “Tepuk Anak Soleh” dinilai memunculkan sikap intoleran lantaran penempatan lagu dalam konteks internalisasi mental anak didik. Bait lagu tersebut dinilai bisa memicu bersemayamnya jiwa intoleran pada diri anak usia dini dan mengkristal menjadi sikap antipati terhadap orang lain dan anti-keberagaman.

Berikut adalah lirik lagu “Tepuk Anak Soleh” : 

Aku prok.prok..prok .. Anak Sholeh prok.. 3x

Rajin Sholat prok..3x Rajin ngaji Prok..3x

Cinta Islam prok..3x Sampai Mati.

Lailaahaillallah,muhammadu rosululloh

Islam.. Islam yes…kafir,kafir No…

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here