Mengaku Tidak Tahu Soal Ahli Tafsir dari Mesir, KBRI Kairo Tegaskan Pemanggilan Ahli Tafsir Mesir Atas Inisiatif Ahok

5034

Moslemtoday.com : Ahok mengaku tidak mengetahui mengenai ahli tafsir dari Mesir yang akan menjadi saksi meringankannya dalam kasus dugaan penistaan agama. “(Ahli tafsir dari Mesir) bukan aku yang datangin. Aku saja baca di media,” ujar Ahok, demikian sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Namun sebagaimana yang diungkap oleh KBRI Kairo dalam rilis resminya terkait polemik kedatangan ahli tafsir Al Quran dari Al Azhar beberapa waktu lalu. Pihak KBRI menyatakan bahwa inisiatif penunjukkan Syaikh Amr Mustofa El Wardhany bukan berasal dari KBRI Kairo.

“Usulan pemanggilan Syaikh Amr Mustofa El Wardhany berasal dari pihak terlapor yang memiliki komunikasi langsung dengan beberapa alumni Universitas Al Azhar, Kairo,” begitu bunyi rilis KBRI Kairo, yang dikutip dari situs resminya, Kamis (17/11/2016).

2016_release_kbri_cairo
KBRI Kairo juga menyatakan tidak pernah menunjuk atau merekomendasikan maupun mengundang serta menanggung biaya perjalanan Syaikh Amr Mustofa El Wardhany ke Indonesia. “Fasilitas KBRI Kairo dilakukan dalam kerangka meneruskan surat undangan Badan Reserse dan Kriminal Mabes Polri kepada Syaikh Amr Mustofa El Wardhany,” jelas KBRI.

KBRI Kairo pun menegaskan jika pihaknya konsisten untuk bersikap netral dan non partisan serta berkomitmen menjalankan peran dan fungsinya sesuai dengan undang-undang. “Hal ini kami tekankan untuk sekaligus menegaskan bahwa perwakilan RI, khususnya Duta Besar dan seluruh staf, berfungsi dan bertugas sebagai fasilitator serta menjalankan seluruh instruksi resmi yang berasal dari Pemerintah Pusat,” tegas KBRI Kairo.

Sumber : KOMPAS | Kemlu.go.id/cairo

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here