Mengapa Kontrol Terhadap Pelabuhan Hodeidah Yaman Sangat Penting Bagi Koalisi Arab?

470

Moslemtoday.com : Kota pelabuhan Yaman di Hodeidah memiliki posisi strategis karena merupakan pintu gerbang utama untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan ke Yaman. Hodeidah juga telah menjadi gerbang militan Houthi untuk menyelundupkan senjata, serta jalur utama ke ibukota Sanaa.

Jika Tentara Nasional Yaman yang didukung oleh Koalisi Arab kembali mendapatkan kendali atas kota dan pelabuhan, maka semua front pesisir yang dikuasai Houthi, perlengkapan senjata dan logistik akan jatuh ke tangan pasukan Koalisi sehingga akan melemahkan kekuatan militan Houthi di Yaman.

Pelabuhan Hodeidah merupakan pelabuhan terbesar kedua di Yaman setelah Pelabuhan Aden. Pelabuhan Aden telah berada di bawah kendali pemerintah sah Yaman Abdurrabo Mansour Hadi dimana sebagian besar bantuan kemanusiaan dan impor seperti makanan dan minyak dilakukan disana.

Kota Hodeidah juga merupakan pusat kegiatan bisnis dan industri dengan populasi 2,3 juta orang, dan juga merupakan kota terpadat kedua setelah Taiz.

Kontrol atas pelabuhannya juga berarti kontrol atas pendapatan ekonomi dari bea cukai dan tarif atas barang yang diekspor dan diimpor. Pelabuhan ini juga dianggap sebagai pintu gerbang utama ke pulau-pulau strategis Yaman di laut merah, seperti Kepulauan Hanish dan Jabal Zuqar.

Pelabuhan Hodeidah digunakan Houthi untuk Menyelundupkan Senjata dari Iran

Houthi menguasai Hodeidah pada Oktober 2014 sebulan setelah melakukan kudeta di ibukota Sanaa. Houthi mendapatkan pasokan senjata dari angkatan laut Iran melalui pelabuhan tersebut. Iran menggunakan pelabuhan-pelabuhan Somalia dan pulau-pulau kecil untuk memasok senjata dengan perahu-perahu kecil ke pantai-pantai Hodeidah.

Sementara itu, Resolusi PBB telah melarang pengiriman senjata ke Yaman.

Dengan kehilangan pelabuhan strategis, pasokan senjata dan amunisi akan menjadi kondisi yang sangat sulit bagi Houthi sehingga kekuatan Houthi di daratan akan semakin lemah dan mempermudah pasukan koalisi Arab untuk merebut kembali Yaman dan mengembalikan legitimasi pemerintahan Yaman yang sah. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here