Mengenal Emir Baru Kuwait, Sheikh Nawaf al-Ahmad al-Sabah

202

Moslemtoday.com : Sheikh Nawaf al-Ahmad al-Sabah resmi menjadi Emir baru Kuwait setelah mengambil sumpah konstitusional di hadapan Majelis Nasional Kuwait pada hari Rabu, (30/9/2020). Sheikh Nawaf dilantik menjadi Emir menggantikan saudaranya, Emir Sabah al-Ahmad yang meninggal dunia pada hari Selasa kemarin, (29/9/2020).

“Saya bersumpah dengan nama Allah yang Mahakuasa untuk menghormati konstitusi dan hukum negara, dan untuk membela kebebasan rakyat, kepentingan, dan ekonomi, dan menjaga kemerdekaan bangsa dan integritas wilayah,” kata Sheikh Nawaf, seperti dilansir dari Al Arabiya.

Sheikh Nawaf juga berjanji untuk bekerja memastikan kemakmuran, stabilitas, dan keamanan Kuwait, menambahkan bahwa kebijakan pendahulunya akan tetap menjadi prinsip panduan bagi negara.

“Kami menegaskan kebanggaan kami pada konstitusi kami dan pendekatan demokrasi yang kami gunakan,” ujar Sheikh Nawaf.

Sheikh Nawaf menjadi putra mahkota Kuwait sejak 2006, ketika ia ditunjuk oleh Emir Sheikh Sabah. Menurut konstitusi Kuwait, setiap putra mahkota baru harus disetujui oleh mayoritas di Majelis Nasional negara itu.

Pergantian posisi emir dan putra mahkota secara tradisional terbatas hanya pada keturunan Mubarak al-Sabah, pendiri negara Kuwait. Sheikh Nawaf sebelumnya telah melayani Kuwait selama lebih dari 50 tahun di berbagai posisi.

Dari tahun 1994 hingga 2003, Sheikh Nawaf menjabat sebagai wakil kepala Pengawal Nasional Kuwait. Sheikh Nawaf juga pernah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri dan sebagai Wakil Perdana Menteri Kuwait yang pertama. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here