Mengenal Kerajaan Maroko, Negara Islam Pertama yang Lolos ke Semi Final Piala Dunia

249

Timnas Maroko akhirnya berhasil mengukir sejarah dengan lolos ke semi final Piala Dunia 2022 Qatar setelah mengalahkan Portugal 1-0 di babak 8 besar. Ini pertama kalinya negara Islam dari Afrika Utara itu lolos ke semi final Piala Dunia.

Capaian terbaik Maroko sebelumnya ialah saat lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 1986 silam di Meksiko. Kini negara Islam itu kembali menorehkan sejarahnya dan akan berhadapan dengan Portugal di perempatfinal Piala Dunia 2022.

Mungkin masih banyak orang Indonesia yang belum tahu tentang Negara Maroko. Simak profil negara Maroko yang dilansir detikSulsel dari Laman Kedutaan Besar RI di Rabat, Kerajaan Maroko.

Maroko atau bernama resmi Kerajaan Maroko adalah negara yang terletak paling barat wilayah Afrika Utara. Negara ini berbatasan dengan Samudera Atlantik dan laut Mediterania di antara Aljazair dan Mauritania.

Kerajaan Maroko beribukota Rabat. Kota Rabat merupakan salah satu kota terbesar ke-7 yang ada di Maroko dengan luas mencapai 117 km2. Adapun kota-kota utama di Maroko yakni Casablanca, Marrakesh, Tangier, Tetouin, Sale, dan Rabat.

Maroko memiliki memiliki bendera berwarna merah dengan bintang lima sudut berwarna hijau di bagian tengah. Sementara lambang negara yakni bintang hijau dengan lima sudut serta latar belakang merah pegunungan Atlas dan matahari terbit yang diapit dua singa. Terdapat tulisan dalam bahasa Arab dalam lambang Negara Maroko yakni: إِن تَنصُرُوا۟ ٱللَّهَ يَنصُرْكُمْ yang dalam bahasa Inggris berarti “If you glorify God, He will glorify you”, sementara dalam bahasa Indonesia berarti “Jika Anda memuliakan Tuhan, Dia akan memuliakan Anda”.

Kerajaan Maroko merupakan salah satu negara yang menerapkan hukum Islam sebagai dasar sistem hukum.

Sistem Pemerintahan Maroko

Maroko menganut sistem pemerintahan Monarki Konstitusional Parlementer. Negara dipimpin oleh raja, saat ini Raja Mohammed VI.

Raja juga merupakan pimpinan tertinggi (commander in chief) militer dan memegang gelar Amir al-Moukminin (pemimpin bagi muslimin Maroko) atau sebagai pemimpin agama.

Sementara pemerintahan dipimpin oleh perdana menteri yang ditunjuk oleh Raja dari partai dengan suara terbesar di pemilu legislatif.

Parlemen Maroko sendiri terdiri dari dua Majelis. Yakni Majelis An Nuwwab/House of Representatives atau Majelis Rendah, dan Majelis Al Mustasharin/House of Councillors atau Majelis Tinggi.

Dengan perbedaan, Majelis Rendah memiliki 395 anggota yang dipilih melalui hak pilih universal dan secara langsung untuk periode selama lima tahun. Dari 395 kursi tersebut, 305 kursi diisi oleh anggota yang terpilih di 92 konsituensi tingkat lokal dengan penerapan nilai ambang batas sebesar 6%. 90 kursi lainnya diisi oleh anggota yang dipilih di konsituensi tingkat nasional dengan penerapan nilai ambang batas sebesar 3%. Lebih lanjut, duapertiga dari 90 kursi tersebut ditetapkan bagi anggota perempuan dan satupertiga bagi laki-laki di bawah umur 40 tahun.

Majelis Tinggi memiliki 120 anggota yang dipilih melalui hak pilih universal dan secara tidak langsung untuk periode selama 6 tahun. Dari 120 kursi tersebut, 72 kursi mewakili konstituensi tingkat lokal, 20 kursi mewakili professional chambers, 8 kursi mewakili employers’ professional organisations dan 20 kursi mewakili pekerja.

Bahasa di Kerajaan Maroko

Suku bangsa penduduk Kerajaan Maroko mayoritas etnis Arab-Berber. Berdasarkan persentasenya penduduk etnis Arab-Berber bahkan mencapai 99% sementara etnis lain hanya 1%.

Sehingga salah satu bahasa resmi yang digunakan oleh penduduk Kerajaan Maroko adalah Bahasa Arab. Namun, Kerajaan Maroko juga memiliki bahasa resmi lain, yakni Amazigh dan Bahasa Prancis

Bahasa Prancis sendiri lebih banyak digunakan oleh penduduk yang berdomisili di wilayah perkotaan.

Kondisi Geografis dan Iklim di Maroko

Secara geografis Kerajaan Maroko berbatasan dengan Samudera Atlantik dan laut Mediterania di antara Aljazair dan Mauritania. Maroko memiliki kondisi daratan yang subur di bagian Utara.

Di bagian Barat terdapat pegunungan Atlas. Sementara kondisi daratan di bagian Selatan gersang, terdiri padang berbatuan dan berpasir.

Adapun iklim di Maroko bervariasi di setiap daerah. Di Utara seperti Tangier dan Rabat umumnya lebih sejuk dan lebih lembab sepanjang tahun berada di kisaran suhu 15°C hingga 35°C. Sedangkan di wilayah Selatan seperti Marrakesh lebih panas pada musim panas dan dingin pada musim dingin. Kisaran suhu wilayah bagian selatan pada bulan Mei-September antara 25°C-50°C dan November-Februari berkisar antara 10°C-18°C.

Topografi Maroko

Maroko memiliki letak geografis yang strategis dan menjadi perlintasan antara Eropa, Afrika, dan Timur Tengah. Sehingga terdapat percampuran kebudayaan yang sangat kaya di Maroko.

Terdapat berbagai peninggalan sejarah dan budaya di Maroko yang sudah diakui sebagai warisan budaya UNESCO. Mulai dari situs arkeologi peninggalan Romawi, kota-kota tua yang dibangun sejak abad pertengahan, hingga ibu kota Rabat.

Maroko juga sangat aktif memelihara berbagai situs peninggalan sejarah dan budayanya dan menjadikan tempat-tempat tersebut untuk menarik kunjungan wisatawan asing. Tercatat pada tahun 2013, Maroko dikunjungi oleh lebih kurang 10 juta wisatawan asing

Sumber Daya Alam Maroko

Maroko merupakan produsen fosfat terbesar ketiga dunia setelah Amerika Serikat dan China. Maroko memiliki lebih dari 70 persen cadangan global dan merupakan eksportir mineral yang digunakan di bidang pertanian dan industri

Fosfat merupakan mineral yang digunakan di bidang pertanian dan industri bahan kimia.

Negara Asal Cendekiawan Muslim Ibnu Battuta

Kerajaan Maroko merupakan tempat asal dari cendekiawan muslim Ibnu Battuta. Cendekiawan bernama lengkap Abu Abdullah Muhammad ibn Abdullah al-Lawati al-Tangi bin Batutah ini dikenal sebagai penjelajah dunia paling andal dari Maroko.

Ibnu Battuta dilahirkan pada 24 Februari 1304 M di Tangier, Maroko. Ia dikenal karena telah berhasil mengelilingi pelosok dunia meski teknologi pelayaran tidak sehebat seperti sekarang.

Ibnu Batuttah meninggalkan tanah kelahirannya Tangier untuk berkenala pada 14 Juni 1325 M/ 2 Rajab 725 A. Ia memulai perjalanannya dengan menuju arah tenggara melalui daratan tinggi Rif Timur.

Pada usianya yang kurang lebih 20 tahun, Ibnu Battuta pergi berziarah ke Mekkah untuk mengunjungi makam Nabi Muhammad SAW. Perjalanan Ibnu Batutta menuju Mekkah menggunakan jalur darat dengan menyusuri pantai Afrika Utara hingga tiba di Kairo dan masih berada di wilayah Mamluk yang relatif aman.

Seusai dari Mekkah, ia kembali melanjutkan perjalanan sekitar 120 ribu km sepanjang dunia Muslim atau setara dengan melintasi 44 negara di masa sekarang.

Dalam catatan sejarah, Ibnu Battuta telah mengelilingi beberapa kawasan di antaranya, Afrika bagian Utara, Afrika bagian Selatan, Afrika Barat, Eropa Timur, Timur Tengah, Asia Selatan, Asia Tengah, Asia Tenggara, dan China.

Soekarno Presiden Pertama yang Kunjungi Maroko

Presiden RI Ir Soekarno menjadi kepala negara pertama yang mengunjungi Maroko pasca memperoleh kemerdekaan. Kunjungan Soekarno tersebut pada tanggal 2 Mei 1960.

Kunjungan tersebut mendapat sambutan hangat dari Raja Mohammed V dan rakyat Maroko. Presiden Soekarno dianggap sebagai Pemimpin Revolusi dunia yang membangkitkan semangat kemerdekaan bangsa-bangsa Asia-Afrika.

Kunjungan Presiden Soekarno ini merupakan catatan sejarah penting yang menunjukkan kedekatan antara kedua negara.

Profil Timnas Maroko di Piala Dunia

Timnas Maroko menjadi salah satu kontestan Piala Dunia 2022 di Qatar. Tim berjuluk Singa Atlas ini termasuk langganan Piala Dunia dengan tampil sebanyak enam kali.

Maroko pertama kali lolos di kompetisi sepak bola internasional pada Piala Dunia 1970 di Meksiko. Namun saat itu mereka hanya bermain di babak penyisihan.

Capaian terbaik Maroko di Piala Dunia saat mereka lolos ke babak 16 besar pada edisi 1986 yang juga digelar di Meksiko. Mereka sempat absen pada Piala Dunia 1990.

Maroko kembali bermain di Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat dan Piala Dunia 1998 di Prancis. Namun di dua edisi tersebut semuanya berakhir di babak penyisihan.

Setelah itu, Mereka kembali absen di Piala Dunia dengan jangka waktu yang cukup lama, 20 tahun. Mereka akhirnya kembali pada Piala Dunia 2018.

Di Piala Dunia 2022, Maroko tentu ingin meraih prestasi lebih baik dari edisi Piala Dunia sebelumnya. Di Qatar, Maroko bergabung di Grup F bersama Belgia, Kanada dan Kroasia.

Skuad Timnas Maroko di Piala Dunia 2022

  • Kiper: Ahmed Tagnaouti, Bono, Munir El Kajoui
  • Belakang: Achraf Dari, Achraf Hakimi, Nayef Aguerd, Yahia Attiyat Allah, Badr Benoun, Jawad El Yamiq, Noussair Mazraoui, Romain Saiss
  • Tengah: Azzedine Ounahi, Abdelhamid Sabiri, Sofyan Amrabat, Selim Amallah, Bilal El Khannous, Yahya Jabrane
  • Depan: Abderrazak Hamdallah, Abde Ezzalzouli, Amine Harit, Zakaria Aboukhlal, Sofiane Boufal, Ilias Chair, Walid Cheddira, Youssef En-Nesyri, Hakim Ziyech

Profil Negara Maroko

– Nama Negara: Kerajaan Moroko (Kingdom of Morocco/Al-Mamlakah al-Maghribiyah
– Ibukota: Rabat
– Hari Kemerdekaan: 18 November
– Agama: Islam (99%). Kristen dan Yahudi (1%)
– Lagu kebangsaan: The Cherifian Anthem
– Mata Uang: Dirham Maroko atau Moroccan Dirham (MAD)
– Bendera: Berwarna merah dengan bintang lima sudut berwarna hijau
– Kalender: Penanggalan Gregory
– Waktu:

  • Musim panas: GMT +1 jam, WIB – 6
  • Musim dingin: GMT, WIB -7

– Kode telepon: +212

Sumber : Detikcom

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here