Menjelang Wisuda, Kauman Padang Panjang Gelar Daurah Tahfizh Angkatan I

23

Padang Panjang, Kauman_Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang menambah enam orang santri lagi Hafidz Quran 30 juz, melalui kegiatan setoran tahfizd terakhir Daurah Angkatan I yang diselenggarakan oleh Markaz Tahfizh Qur’an Haroun El Ma’any, Sabtu (30/10/2021).

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Buya HAMKA dan dibuka oleh Mudir Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah, Dr. Derliana, MA serta turut dihadiri oleh majelis guru, seluruh santri dan orang tua santri yang mengkhatamkan hafalannya.

Dalam sambutannya, Derliana juga berpesan bahwa siapapun yang dekat dengan Al Qur’an pasti Allah akan memberikan keberkahan dalam hidupnya. “Inilah yang akan menjadi modal bagi kita semuanya, niatkan setiap ayat yang dibaca hari ini merupakan amalan yang nantinya menjadi penolong kita di akhirat kelak. Harapan dan keinginan orang tua antum disini adalah bagaimana antum menjadi seorang hafidz dan hafidzah, pondok pesantren memfasilitasi untuk itu,” ujarnya.

“Seluruh santri akan diwisuda pada bulan Januari 2022, maka kami dari pimpinan pondok pesantren mengucapkan terima kasih banyak kepada pembina tahfizh Qur’an pondok pesantren yang telah mengasuh dan membibing santri dalam menghafal Al Quran,” tukas Derliana.

Nur Zeni, orang tua Ukhti Aulia, salah satu Hafidz quran 30 Juz, mengucapkan terima kasih kepada Pondok Pesantren yang telah mengantarkan anaknya Hafidz Qur’an. “Ana mengucapkan terima kasih kepada Pondok Pesantren yang telah mengantarkan anak Ana hafidz quran dan semoga Istiqomah hafalannya ya Nak,” Pesan Nur Zeni kepada anaknya.

Senada dengan orang tua Ukhti Aulia, orang tua Annisa Elan, Darsono, yang anaknya juga santri Hafidz 30 Juz mengungkapkan kebahagiannya pada hari ini. “Alhamdulillah saya sangat senang sekali, anak-anak kami dididik dengan baik di sekolah ini, mudah-mudahan ke depan semakin banyak anak-anak kita disini yang Hafidz Qur’an, karena akan membawa kebahagian bagi orang tua dunia dan diakhirat. Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada pondok pesantren yang telah mengantarkan anak kami menjadi Hafidz Quran,” Ungkap Darsono dengan penuh haru.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Markaz Tahfizh Quran Haroen el Ma’any ini merupakan angkatan pertama yang dilaksanakan secara mandiri di Pondok Pesantren. Deri Sri Wahyuni, S.Si dan Harif Pratama selaku penanggungjawab kegiatan menjelaskan bahwa tasmi’ hari ini bertajuk setoran hafalan terakhir Tahfizhul Qur’an dari Markaz Tahfizh Qur’an Haroun el Ma’any.

“Ini adalah daurah angkatan pertama yang dilaksanakan secara mandiri oleh Markaz Tahfizh Qur’an Haroun el Ma’any, ada 11 orang anak yang kita tasmi’kan hari ini dan Enam orang diantaranya sudah hafal 30 Juz, kemudian lima orang lagi sudah hafal 20-24 Juz Al Qur’an,” ungkapnya.

“Ketika seseorang melangkah untuk menghafal Al-Qur’an maka ibarat berangkat ke medan jihad guna menjemput kemuliaan tertinggi yang tidak dapat diraih kecuali dengan pertolongan Allah. Jangan pernah melihat kepada jumlah yang sedikit atau banyak. Serta jangan pernah melihat kepada kemampuan yang kuat atau lemah. Karena kemenangan tidak bergantung kepada semua hal itu, tapi dari proses yang telah kita lalui,” tambah Deri.

Jumlah Santri yang tampil semuanya dari kelas XII ditambah 1 orang lagi dari kelas XI dengan nama sebagai berikut beserta hafalannya, Yunia Nirmala Putri (30 juz) kelas XII ITT, Aulia Rahma (30 Juz) kelas XII IPA, Annisa Elan (30 juz) kelas XII IPA, Ukhti Aulia (30 juz) kelas XII ITT, Aulia Dzaki Permana Putra (30 juz) kelas XII ITT, M. Fajri Caniagov(30 juz) kelas XII ITT, Alzikri Septiandika Irawan (21 juz) kelas XII ITT, Dinni Wahyuni (21 juz) kelas XII ITT, Mutiara Ramadhani (16 Juz) kelas XII ITT, M. Nabil Makarim (15 juz) kelas XII ITT dan terakhir Yudha Aprianto (20 juz) kelas XI IPS.

Kegiatan ini berlangsung dari pukul 09.00 s.d 12.00 WIB dan siarkan secara langsung melalui Channel YouTube Pondok Pesantren Kauman Official.(Zainal)

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here