Menko PMK Muhadjir Effendy Ajak Kampus Ikut Cegah Terjadinya Pernikahan Dini

    16

    Moslemtoday.com : Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengajak perguruan tinggi untuk mencegah terjadinya pernikahan dini. Muhadjir menyebut pernikahan dini berpeluang untuk memunculkan keluarga miskin baru.

    “Ketika seusia mereka yang mestinya belum bertanggung jawab, malah harus bertanggung jawab pada keluarga, istri atau suami, dan anak,” kata Muhadjir saat menghadiri kegiatan Pengukuhan Kader, Penandatanganan Komitmen Kampus Penggerak Pencegahan Perkawinan Anak dan Penurunan Stunting Institut Islam Nahdlatul Ulama (Inisnu) dan Akademi Keperawatan Al Kautsar Temanggung, dikutip dalam siaran pers, Rabu (9/11/2022).

    Muhadjir mengatakan, para pasangan muda yang belum mapan bisa membawa keluarganya menuju jurang kemiskinan. “Peluang pernikahan dini melahirkan rumah tangga miskin baru sangat besar. Hampir 50 persen. Akibat pernikahan dini,” kata dia.

    Karena itu, Muhadjir menegaskan pernikahan dini harus dicegah agar tidak melahirkan generasi yang tidak berkualitas. Muhadjir mengapresiasi Inisnu yang merupakan satu-satunya perguruan tinggi di Kabupaten Temanggung yang berkomitmen menjadi Kampus Penggerak Pencegahan Perkawinan Anak dan Penurunan Stunting.

    Dia menilai, Inisnu bisa berkontribusi dari segi pendidikan dengan memberikan beasiswa supaya anak-anak Temanggung bisa bersekolah sampai perguruan tinggi. “Inisnu ini harus ikut ambil bagian. Memberikan beasiswa untuk anak-anak yang tidak mampu supaya melanjutkan sekolah,” ujarnya.

    Selain itu, pemberian beasiswa ini juga dalam rangka untuk meningkatkan angka partisipasi anak-anak Temanggung untuk Kabupaten Temanggung bisa lebih maju. Dia juga mendorong masyarakat untuk mensukseskan program pencegahan pernikahan dini tersebut.

    “Saya menyambut baik dan berterima kasih pada warga nahdiyin untuk ikut mensukseskan program pemerintah mengurangi mencegah perkawinan dini,” ujar dia.

    Sumber : Republika.co.id

    Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

    comments

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here