Menlu Adel Al-Jubeir : Kami Dukung Operasi Militer Turki di Suriah

1093

Moslemtoday.com : Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel Al-Jubeir mengatakan bahwa negararanya mendukung operasi militer Turki di Suriah Utara, yang disebut dengan “Operasi Perisai Efrat”, Operasi Perisai Efrat Turki dimulai pada 24 Agustus lalu ketika Tentara Pembebasan Suriah (Free Syrian Army), yang didukung oleh militer Turki, membebaskan Jarablus di Suriah utara.

“Kami mendukung apa yang dilakukan Turki saat ini di Suriah, saya percaya bahwa tujuan Turki dan Arab Saudi di wilayah ini hampir sama,” kata Al-Jubeir dalam konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu. Demikian sebagaimana dilansir dari Al-Arabiya, Ahad, (11/9/2016).

Al-Jubeir mengatakan bahwa Arab Saudi dan Turki telah menjadi mitra dan sekutu selama beberapa dekade. “Kami memiliki hubungan ekonomi, hubungan investasi, dan hubungan bilateral yang sangat kuat,” katanya.

Terkait masa depan Suriah, Al-Jubeir juga menjelaskan bahwa pejuang oposisi Suriah telah membuat rencana “rinci” dan “lengkap”. HNC, Komite Oposisi Suriah mengatakan akan menolak setiap kesepakatan yang dibuat oleh Rusia, AS dan Assad jika berbeda dengan kesepakatan pejuang Oposisi. Arab Saudi, Turki, dan Oposisi sepakat bahwa Assad tidak memiliki masa depan di Suriah, pemerintahan baru Suriah nantinya harus bersih dari Assad.

Sementara itu Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan bahwa Ankara saat ini sedang mempersiapkan operasi militer terbesar dalam sejarah guna menggempur milisi Kurdi di wilayah selatan.

Mevlut Cavusoglu menyampaikan penghargaan kepada Arab Saudi atas dukungannya terhadap Operasi Militer Turki di Suriah tersebut. Al-Jubeir menegaskan, Arab Saudi dan Turki memiliki “Sikap yang sama” mengenai Suriah, Irak dan Yaman termasuk pemberantasan Terorisme. (DH)

Sumber : Al-Arabiya

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here