Menlu Cavusoglu : “Solusi Untuk Konflik Suriah Sudah Lama Terlambat”

530

Moslemtoday.com : Menteri Luar Negeri Turki, Mevlüt Çavuşoğlu mendesak masyarakat internasional untuk tidak menunda-nunda mengenai upaya untuk menyelesaikan krisis Suriah.

Çavuşoğlu mengatakan bahwa kebrutalan rezim Assad dan diamnya masyarakat internasional telah “menimbulkan ancaman teroris paling parah yang telah mempengaruhi seluruh dunia”.

Dia menambahkan bahwa kelompok teror, seperti : ISIS, Al Qaeda, Partai Persatuan Demokratik (PYD) dan Unit Perlindungan Rakyat (YPG), memanfaatkan situasi kekosongan yang terjadi di Suriah. Çavuşoğlu juga mengkritik AS atas dukungannya terhadap afiliasi PKK Suriah : PYD dan YPG.

“Pasokan senjata AS yang terus berlanjut untuk teroris PYD dan YPG tidak hanya membahayakan keamanan Turki tapi juga masa depan Suriah. Turki mendesak AS untuk mengakhiri dukungan untuk PYD/YPG,” ungkap Çavuşoğlu, seperti dilansir dari Daily Sabah, Kamis, (11/1/18).

Çavuşoğlu menegaskan bahwa “AS harus mundur dari kesalahan besar ini dan tidak membiarkan dirinya diperas oleh pakaian teroris.”

“Sebuah penyelesaian politik dapat dicapai melalui proses yang dijalankan secara inklusif, bebas, adil dan transparan.” Çavuşoğlu mengingatkan peran aktif Turki di ranah internasional dalam hal ini.

Çavuşoğlu juga mengatakan bahwa perundingan Jenewa yang disponsori PBB antara rezim tersebut dan oposisi perlu “dihidupkan kembali.” Çavuşoğlu meminta masyarakat internasional untuk menemukan tekad menyatukan upaya memulihkan perdamaian dan stabilitas di Suriah. (DH/MTD)

Sumber : Daily Sabah | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here