Menlu Inggris : “Jerusalem harus menjadi ibukota bersama bagi Israel dan Palestina”

1592

Moslemtoday.com : Menteri Luar Negeri Inggris, Boris Johnson mengatakan bahwa Kota Jerusalem harus bisa menjadi ibukota bersama bagi Israel dan Palestina.

“Saya mengulangi komitmen Inggris untuk mendukung rakyat Palestina dan solusi dua negara, kebutuhan mendesak untuk memperbarui perundingan damai, dan posisi Inggris sudah jelas dan sudah berlangsung lama mengenai status Jerusalem,” ungkap Johnson.

“Kota Jerusalem pada akhirnya harus menjadi ibukota bersama negara-negara Israel dan Palestina,” ungkap Boris Johnson dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari Reuters, Senin, (8/1/18).

Borris Johnson menambahkan : “Status ini harus ditentukan dalam penyelesaian yang dinegosiasikan antara Israel dan Palestina, dan mereka pada akhirnya harus bisa berbagi bersama atas kepemilikan kota Jerusalem.”

Kota Jerusalem atau dikenal juga dengan nama “Al-Quds Al-Sharif” : baik orang Israel maupun Palestina mengklaim kota ini sebagai ibukota mereka. Namun kedua klaim tersebut tidak ada satupun yang mendapat pengakuan secara luas dari dunia internasional.

Proses perundingan perdamaian solusi dua negara (Israel dan Palestina) mengusulkan Jerusalem Timur sebagai ibukota negara Palestina. Sementara Israel menolak dan mengatakan kota tersebut tidak dapat dibagi menjadi Jerusalem Barat dan Jerusalem Timur.

Sementara itu, Presiden Palestina Mahmoud Abbas juga menegaskan bahwa kota Jerusalem adalah “ibukota abadi rakyat Palestina”. (DH/MTD)

Sumber : Reuters | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here