Menlu Retno: Indonesia Tidak Akan Menjadi Pangkalan Militer Negara Manapun

65

Moslemtoday.com : Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi menegaskan bahwa Indonesia tidak akan menjadi pangkalan militer bagi negara asing manapun, termasuk China menyusul laporan dari Departemen Pertahanan AS (Pentagon) yang menyebutkan China berencana membangun fasilitas logistik militer di Indonesia.

“Saya ingin tegaskan, sesuai dengan garis dan prinsip politik luar negeri Indonesia, wilayah Indonesia tidak dapat dan tidak akan digunakan sebagai pangkalan fasilitas militer bagi negara manapun,” kata Retno dalam jumpa pers seperti dilansir dari The Jakarta Post, Jumat, (4/9/2020).

“Saya ulangi, wilayah Indonesia tidak dapat dan tidak akan digunakan sebagai pangkalan fasilitas militer untuk negara mana pun,” tegas Menlu Retno.

Sebelumnya, Pentagon merilis laporan tahunannya yang bertajuk perkembangan kekuatan militer China pada tahun 2020. Dalam laporan tersebut, nama Indonesia masuk sebagai salah satu lokasi yang akan dijadikan sebagai tempat pangkalan militer China.

“China kemungkinan telah mempertimbangkan lokasi untuk fasilitas logistik militer di Myanmar, Thailand, Singapura, Indonesia, Pakistan, Sri Lanka, Uni Emirat Arab, Kenya, Seychelles, Tanzania, Angola, dan Tajikistan,” bunyi laporan Pentagon tersebut. (DH/MTD)

Sumber : The Jakarta Post | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here