Menteri Luar Negeri Iran mengundurkan diri

66

Moslemtoday.com : Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif, seorang arsitek kota, dimana dahulu membantu mencapai kesepakatan penting nuklir 2015 dengan kekuatan dunia, secara tak terduga mengumumkan pengunduran dirinya di Instagram pada hari Senin.

“Saya meminta maaf kepada Anda untuk semua kekurangan … dalam beberapa tahun terakhir selama saya menjabat sebagai menteri luar negeri … Saya berterima kasih kepada bangsa dan pejabat Iran,” tulisnya di halaman Instagram-nya jzarif_ir.

Dia tidak memberikan alasan khusus untuk keputusannya. Laporan yang tidak dikonfirmasi di media mengungkapkan bahwa ia telah mengundurkan diri dari kunjungan Presiden Suriah Bashar al-Assad ke Teheran pada hari Senin. Dengan asumsi bahwa Zarif tidak dijelaskan dalam salah satu laporan tentang kunjungan tersebut, sebuah situs web online mengatakan: “Menteri Luar Negeri belum diberitahu”.

Zarif memainkan peran utama dalam menyimpulkan perjanjian, di mana Iran setuju untuk mengekang program nuklirnya dengan imbalan pencabutan sanksi keuangan internasional.

Dia diserang oleh militan anti-Barat di Iran setelah Amerika Serikat menarik diri dari perjanjian pada bulan Mei dan memberi sanksi kepada ekonomi Iran dan industri minyak.

Assad melakukan kunjungan publik pertamanya ke Iran sejak awal perang Suriah pada 2011 ketika ia bertemu dengan Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei dan Presiden Hassan Rouhani.

Seorang juru bicara kementerian luar negeri dan juru bicara misi Iran untuk PBB, Alireza Miryousefi, mengkonfirmasi pengumuman pemecatan itu. Namun, tidak ada kata langsung tentang apakah Rouhani akan menerimanya.

Beberapa legislator dan politisi mengambil media sosial untuk mengajukan banding ke Rouhani pragmatis untuk menolak pengunduran dirinya dan mengatakan itu tidak melayani kepentingan nasional dan bahwa itu akan memperkuat garis keras di kantor faksi Irak.

Sumber : Reuters | Redaktur : Fairuz Syaugi
Copyright © 1440 Hjr. (2019) – Moslemtoday.com

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here