Mesir menerima pinjaman Sebanyak $ 5 milyar secara berangsur dari IMF

85
Mata uang Mesir [Flickr / Emi Moriya]

Moslemtoday.com : Mesir telah menerima angsuran kelima dari program pinjaman Dana Moneter Internasional (IMF), senilai $ 2 miliar, resmi MENA melaporkan kemarin, mengutip sumber resmi di Bank Sentral negara itu. seperti dilansir dari MEMO, Kamis, (7/2/2019).

Sumber itu mengatakan bahwa cicilan akan digunakan “untuk mendukung anggaran negara dan akan secara positif mencerminkan cadangan kas luar negeri negara itu.” Akhir Januari, cadangan devisa neto Mesir meningkat sebesar $ 66 juta, mencapai $ 42,616 miliar, dibandingkan dengan $ 42,550 miliar pada bulan sebelumnya .

Pada November 2016, IMF menawarkan kepada Mesir program pinjaman tiga tahun senilai $ 12 miliar yang ditujukan untuk menghidupkan kembali ekonomi negara yang sedang kesulitan, menurunkan utang publik dan mengendalikan inflasi sembari berupaya melindungi kaum miskin. Pembayaran terakhir membawa jumlah total yang dibayarkan ke Mesir menjadi $ 10 miliar sejak perjanjian ditandatangani.

Pada hari Senin, menteri keuangan Mesir, Mohamed Maait, mengatakan bahwa dewan eksekutif IMF telah menyetujui pemberian kepada Mesir tahap kedua sebesar $ 2 miliar paket pinjaman setelah organisasi keuangan tersebut menyelesaikan tinjauan keempat program tersebut.

Maait menambahkan bahwa IMF akan melakukan “tinjauan kelima dan terakhir” pada Juni 2019 sebelum menerima tahap pinjaman $ 2 miliar akhir pinjaman.

Mesir telah menegosiasikan miliaran dolar dalam bantuan dari berbagai pemberi pinjaman untuk membantu menghidupkan kembali ekonomi yang terpukul oleh pergolakan politik sejak revolusi 2011 dan untuk mengurangi kekurangan dolar yang telah melumpuhkan kegiatan impor dan menghambat pemulihan.

Menurut data resmi bank sentral, utang luar negeri Mesir meningkat 15 persen pada September 2018, mencapai $ 93.130 miliar, dibandingkan dengan $ 80.831 selama periode yang sama 2017.

Sumber : MEMO | Redaktur : Fairuz syaugi
Copyright © 1439 Hjr. (2019) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here