Mesir Selamatkan Artefak Abad ke-19 dari Penyelundupan

683

Moslemtoday.com : Kementerian Pertahanan Militer Mesir bersama Otoritas Pelabuhan Hurghada Mesir berhasil menggagalkan upaya penyelundupan enam artefak peninggalan abad ke-19 di Pesisir Pantai Laut Merah, Sabtu, (19/8/2017).

Sheikh Ahmad Al-Rawi, Kepala administrasi unit Kepurbakalaan Pelabuhan Mesir, mengatakan bahwa artefak tersebut dimiliki oleh seorang warga keturunan Arab. Artefak tersebut kemudian disita oleh Departemen Kepurbakalaan setelah memverifikasi keasliannya sesuai dengan undang-undang perlindungan benda-benda purbakala.

Artefak yang berhasil diselamatkan tersebut yakni sebuah tongkat dengan gagang ukiran batu bermotif kepala manusia dengan janggut panjang memakai yarmulke (topi Yahudi), serta lima relief batu yang diukir dalam teks Ibrani dan elemen dekoratif lainnya.

Dalam operasi tersebut juga ditemukan sebuah buku kuno berisi 29 manuskrip yang ditulis dalam bahasa Ibrani. Buku tersebut juga ikut disita untuk menyelamatkan benda-benda peninggalan zaman purbakala. (DH/MTD)

Redaktur : Deli Abdullah
Sumber : Asharq Al Awsat

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here