Meski Bermusuhan, Iran Undang Badan Penerbangan AS untuk Menyelidiki Kecelakaan Pesawat Ukraina

5271

Moslemtoday.com : Iran telah mengundang Badan Penyelidik Kecelakaan Pesawat Terbang Amerika Serikat untuk ambil bagian membantu penyelidikan kecelakaan pesawat jet Ukraina yang jatuh di dekat Kota Teheran pekan ini.

“The National Transportation Safety Board” Amerika Serikat telah mengkonfirmasi undangan Iran tersebut.

“Di bawah aturan yang ditetapkan oleh organisasi penerbangan PBB, NTSB berhak untuk berpartisipasi dalam penyelidikan karena kecelakaan itu melibatkan pesawat jet Boeing 737-800 yang dirancang dan dibangun di AS,” bunyi pernyataan NTSB, seperti dikutip dari The Washington Times, Jumat, (10/1/2020).

Pejabat Amerika, Inggris dan Kanada mengatakan “sangat mungkin” bahwa pesawat Ukraine International Airlines ditembak jatuh oleh Iran, namun Iran membantah spekulasi tersebut. NTSB mengatakan tidak akan berspekulasi tentang penyebab kecelakaan itu, yang menewaskan 176 orang di dalamnya.

Sementara itu dikutip dari CNN, Kepala Otoritas Penerbangan Sipil Iran, Ali Abedzadeh mengatakan bahwa Iran mungkin memerlukan bantuan luar untuk memecahkan kode kotak hitam pada pesawat Ukraina karena rusak.

“Kotak hitam Boeing 737 ini rusak. Ahli Penerbangan Ukraina telah tiba di Teheran. Mulai besok mereka akan mulai mendekode data. Jika peralatan yang tersedia tidak cukup untuk mendapatkan konten, Iran akan meminta bantuan ke luar mungkin Perancis atau Kanada,” kata Abedzadeh. (DH/MTD)

Sumber : Washingtontimes.com, CNN.com | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here