Meski Bersitegang, Israel-Turki Ogah Putus Hubungan Diplomatik

608

Moslemtoday.com : Kementerian Luar Negeri Israel mengatakan bahwa Israel telah memutuskan untuk tidak memutus hubungan diplomatiknya dengan Turki. Kedua negara telah lama bersitegang dan kedua pemimpin negara tersebut, baik Netanyahu maupun Erdogan telah saling serang melalui pernyataan-pernyataan di media.

“Setelah melakukan beberapa konsultasi, termasuk dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, kami memutuskan untuk tidak memutuskan hubungan dengan Turki,” ungkap Tzipi Hotovely, Wakil Menteri Luar Negeri kepada Radio Israel, seperti dilansir dari Middle East Monitor, Jumat, (18/5/2018).

“Turki adalah negara besar di kawasan ini, maskapai penerbangan kami melewati wilayah udaranya, kami berbagi hubungan bisnis bersama dan Turki memiliki komunitas Yahudi yang besar di sana yang membutuhkan Israel,” kata Tzipi Hotovely.

Meskipun demikian, dalam wawancaranya tersebut Tzipi Hotovely tetap menyerang Presiden Erdogan dan menggambarkannya sebagai “seorang tiran dengan tangan penuh lumuran darah.” Tzipi Hotovely mengkritik operasi militer Turki di Suriah yang menyerang pasukan YPG Kurdi di wiliayah Suriah Utara dan menyebutnya sebagai agresi terhadap kemanusiaan.

Sementara itu, Presiden Erdogan telah lama mengancam akan memutus hubungan diplomatik dengan Israel jika Presiden AS Donald Trump mengakui Jerusalem sebagai ibu kota Israel. Namun setelah pengakuan Trump tersebut pada awal Desember 2017 lalu, hingga saat ini, Turki belum memutus hubungan diplomatiknya dengan Israel. (DH/MTD)

Sumber : Middle East Monitor | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here